Ernest Prakasa Beberkan Pengalaman Sukses Di Festival Enterpreuner

Ernest Prakasa, saat menghadiri seminar pada acara Festival Enterpreuner di DBL Arena. Ia disambut oleh muda-mudi Surabaya yang sudah menunggu kedatangannya. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Seminar yang diselenggarakan oleh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), kali ini menghadirkan sosok Entertainer yang namanya sedang melejit, yakni Ernest Prakasa. Dalam acara tersebut, Ernest Prakasa yang turut dihadirkan membawakan beberapa kiat dan tips inspiratif bagi para mahasiswa dan siswa sekolah dalam berkarir di dunia industri hiburan.

“Industri hiburan, salah satunya yang saya geluti yaitu stand up comedy bukan sesuatu yang mudah. Kalau di Amerika Serikat, profesi tersebut sangat membutuhkan banyak materi, script dan lain sebagainya,” ungkap Earnest, saat memberikan penjelasan pada acara Festival Enterpreuner di DBL Arena, Kamis (7/3/2019).

Ia menjelaskan, bahwa ketika memasuki industri hiburan, kita akan dihadapkan pada macam-macam problematika yang pelik. Untuk itulah dibutuhkan mental yang kuat dan pengalaman yang bejibun demi dapat bertahan. Namun, dibalik itu semua semakin banyak orang yang akan menyukai konten maupun karya kreator.

Pria berumur 37 tahun ini mengakui masih belum ada keinginan untuk menjadi seorang konten kreator media sosial, yakni Youtuber. Hal tersebut, lantaran ia sangat sibuk dengan profesinya sebagai produser, aktor dan penulis naskah film yang masih ia geluti hingga kini.

“Saya dari kecil sudah terpapar dengan hal-hal yang berbau komedi. Dari dulu ayah saya sering memutarkan Srimulat dan Warkop DKI. Jadi ya saya memulai karir di Stand Up Comedy sampai sekarang ya dari sana,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, ada dua cara agar seseorang menikmati karyanya. Yang pertama yakni Jujur, dari diri sendiri dan jangan terpaku pada seseorang yang diidolakan. Ia berdalih, karena tanpa sadar kita akan meniru karya idola dan bukan bukan potensi diri yang muncul. Yang kedua adalah Konsisten, yakni sebagai seorang konten kreator pada awalnya memang mengalami masa-masa sulit. Ia mencontohkan seorang Youtuber besar, bagaimana mereka berjuang akan konsistensi karya dan rutin dalam pengunggahan video.

“Menghasilkan uang di era sekarang ini mudah. Sudah banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi budaya konsumtif dan merubahnya menjadi produktif, ya salah satunya membuka usaha. Selagi masih muda, sibukkanlah dirimu karena masih banyak jalan yang harus ditempuh,” tutup Ernest.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana