Politeknik Negeri Siapkan Jalur Alternatif Masuk PTN

Ketua Forum Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Se-Indonesia, Zainal Nur Arifin saat jumpa pers membahas jalur alternatif bagi siswa siswi lulusan SMA sederajat untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Kesempatan bagi lulusan SMA dan SMK telah diberikan jalur baru untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Tak hanya lewat 2 jalur, seleksi nasional Universitas dan Institut negeri, Politeknik pun membuka jalur PMDK-PN dan UMPN. Hal ini, disebabkan karena siswa-siswi selama ini hanya mengandalkan SNMPTN dan SBMPTN. Padahal para pelajar itu juga bisa mendaftarkan diri melalui jalur PMDK-PN dan UMPN untuk masuk Politeknik Negeri.

“PMDK-PN merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri vokasi dengan menggunakan seleksi akademik dan prestasi non akademik. Jalur ini dibuka untuk lulusan SMA/SMK/ MA yang masih duduk di kelas 12 atau kelas 3 semua jurusan,” ungkap Zainal Nur Arifin, Ketua Forum Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Se-Indonesia, saat jumpa pers di gedung Pascasarjana PENS, Senin (4/2/2019).

Menurut Zainal, dari tahun ke tahun peminat dan pendaftar jalur ini meningkat. Hal ini, menunjukkan bahwa masyarakat makin memahami keistimewaan belajar di Politeknik. Ia menklaim, pengembangan skill sangat menonjol melalui komposisi praktikum dan teori dalam proses belajar mengajar.

Pendaftaran jalur ini dapat dilakukan secara online, sederhana, dan tidak dipungut biaya. Pendaftaran pun tidak dibatasi kuota tertentu serta akreditasi sekolah tidak menentukan kuota pendaftar.

“Setidaknya terdapat 42 Politeknik Negeri dari ujung barat ke timur wilayah Indonesia yang tergabung dalam jalur seleksi ini. Artinya, jalur ini ditawarkan bagi ratusan program studi yang linear, mulai dari saintek, sosial, pariwisata, dan bahasa,” ujarnya.

Pendaftaran dibuka serentak 4 Februari. Bagi siswa siswi yang ingin mendaftar, dapat menghubungi pihak sekolah terlebih dahulu untuk proses rekomendasi. Berikutnya, pendaftar akan memperoleh username dan password yang digunakan untuk melengkapi isian dan mengunggah dokumen pendukung.

“Pendaftaran jalur ini akan dibuka hingga 6 April ke depan. Seusai jalur ini, kami juga akan membuka jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri Nasional yang disingkat UMPN. Jadi, silahkan dimanfaatkan kesempatan ini untuk bisa belajar di salah satu perguruan tinggi negeri vokasi di Indonesia, Politeknik,” kata Zainal.

Kendati demikian, Politeknik di Indonesia berkembang cukup pesat dan makin fokus mencetak generasi yang siap besaing di era global. Melalui beberapa program penguatan politeknik hingga upaya pengembangan mahasiswa melalui program sertifikasi, menunjukkan dukungan positif dari pemerintah untuk mengembangkan politeknik.

“Tahun ini, dua politeknik negeri di Surabaya juga tengah bersiap menerima pendaftaran PMDK-PN. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) tahun ini pula mengalokasikan 30% dari 750 kursi untuk PMDK-PN. Sedangkan Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) tahun ini mengalokasikan 40% dari total 704 mahasiswa baru untuk jalur PMDK-PN,” tutup Zainal.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana