Pemkot Surabaya Totalitas Benahi Fasilitas Pendidikan Kota Surabaya di Tahun 2019

Kepala Bappeko Surabaya, Eri Cahyadi saat jumpa pers di gedung humas pemkot Surabaya. Dia menjelaskan perihal beberapa rencana pembangunan kota Surabaya di berbagai bidang dalam tahun 2019 ini. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Pemerintah Kota Surabaya sudah menyiapkan berbagai rencana pembangunan Kota Surabaya selama tahun 2019, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun infrastruktur dan beberapa bidang lainnya.  Salah satu perencanaan yang sedang digalakkan, yakni kualitas bidang pendidikan di Surabaya.

“Dalam bidang pendidikan, Pemkot Surabaya akan menyediakan Biaya Operasional Pendidikan Daerah (BOPDA) bagi sekolah negeri. Sedangkan bagi sekolah swasta, Pemkot Surabaya akan memberikan insentif sebesar Rp 1 juta kepada setiap guru tiap bulan yang telah memenuhi syarat,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi saat sesi wawancara di gedung Humas Pemkot Surabaya, Rabu (30/1/2019).

Eri menengaskan, pihaknya juga menyediakan biaya personal untuk beberapa kelengkapan sekolah, seperti seragam sekolah, seragam pramuka, seragam olahraga, dasi, topi, tas sekolah, sepatu dan alat tulis bagi siswa baru yang kurang mampu dan diterima melalui jalur mitra warga. Ditambah lagi, Pemkot Surabaya juga memfasilitasi proses belajar mengajar dan ekstrakulikuler seperti menyediakan mebelair, komputer, LCD, proyektor sekaligus screennya.

Untuk sarana peralatan ekstrakulikuler, seluruh sekolah di Surabaya akan disediakan beberapa alternatif, antara peralatan olahraga semacam futsal, basket, badminton, tenis meja dan volly, peralatan kesenian seperti marching band, music band, gamelan, peralatan menjahit dan peralatan memasak.

“Kami juga akan menyediakan petugas kebersihan kamar mandi sekolah, sehingga kamar mandi akan selalu terjaga kebersihannya. Kami berharapnya, di tahun 2019 nanti tidak ada lagi kamar mandi sekolah yang kotor,” tegasnya.

Disamping itu, ia menjelaskan juga tahun 2019 ini Pemkot Surabaya akan melakukan pembangunan atau rehabilitasi serta pemeliharaan terhadap gedung-gedung SD dan SMP. Eri menjelaskan bahwa pekerjaan pembangunan atau rehabilitasi itu meliputi pembangunan ruang kelas baru, pembangunan fasilitas pendukung, dan rehabilitasi kerusakan sedang atau berat. Sedangkan pekerjaan pemeliharaan itu meliputi pengecetan, perbaikan kamar mandi, dan perbaikan plafon.

“Yang akan kami lakukan pembangunan atau rehabilitasi sebanyak 50 gedung SD dan 13 gedung SMP, dan yang akan direhabilitasi karena kerusakan ringan sekitar 100 gedung. Sedangkan yang akan mendapatkan pemeliharaan sebanyak 200 gedung,” tutup Eri.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana