Risma Bantah Ulasan Pengguna Soal Errornya Sistem E-Health Dinkes Surabaya

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini saat memberikan penjelasan seputar errornya aplikasi e-health yang dikeluhkan oleh penggunanya. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Aplikasi eHealth yang diluncurkan oleh Dinas Kesehatan Surabaya pada pertengahan tahun 2018, tidak sedikit mendapatkan keluhan lantaran error dan terjadinya 404 bad request. Namun hal tersebut dibantah oleh Walikota Surabaya, Tri Rismahirini yang mengatakan bahwa tidak terdapat masalah dalam sistem tersebut.

“Aku ndak pernah kesulitan, aku kalau ada tamu itu langsung bisa daftar, aku langsung masuk, ndak kesulitan, aku langsung daftar. Aku di Jakarta presentasi pakai itu ya ndak sulit,” kata Risma di ruang kerjanya saat sesi wawancara, Selasa (29/1/2019).

Tri Rismaharini dengan nada tegas mengatakan tidak pernah ada ulasan. Bahkan tidak pernah ada laporan yang masuk dengan komplain karena error, sebab ia sendiri merasa tidak kesulitan. Justru Risma bertanya kepada pengguna, “saat masuk aplikasi eHealth Surabaya seperti apa,” ujarnya.

“Mereka yang memberi ulasan di aplikasi masuknya kayak apa? Kan kita ndak tau. Kan bisa kompalin di 112, kan bisa diselesaikan. Dia masuk dimana masalahnya. Mungkin nggak ada jaringan,” tegasnya.

Risma mengatakan, dirinya masih bisa mengakses aplikasi kesehatan tersebut bahkan saat berada diluar negeri. Ia berdalih bahwa para dokter akan kesulitan, jika aplikasi e-health tidak bisa diakses. Hal tersebut lantaran jika tidak membawa surat medis, dokter akan menuliskan resep di lewat gadget.

Salah satu pengguna e-health, Hani Isnaya Kusuma melontarkan keluhannya pada saat menggunakan aplikasi tersebut. “Login saja susah sekali. Selalu keluar tulisan bad request. Tolong di perbaiki dong aplikasinya. Ini soalnya lagi butuh banget,” ujar Hani.

Ada pula Faried Kusuma, yang menyampaikan ulasannya pada Rabu (16/1/2019) untuk menghapus aplikasi dari playstore. “Mau register aja selalu bad request. Kalau tidak bisa diperbaiki mending hapus aja dari playstore lah dari pada nyampah,” tulis Faried pada kolom ulasan dan memberi rating bintang satu.

Walikota Surabaya ini menambahkan, jika aplikasi tersebut error atau trouble bukan hanya pengguna, tetapi Puskesmas dan RS juga akan komplain.

“Karena puskesmas kalau akan merujuk pasien akan kesulitan, dokter juga. Kita sudah tidak punya buku resep lagi. Pasti akan komplain RS itu. Kalau itu trouble, yang bingung bukan hanya user, tapi dokter juga,” tutup Risma.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana