UBS Gold Dance Competition 2018

Gelar National Champion Kembali Direbut SMAN 5 Surabaya

Mengusung tema film Coco (2017), SDC menampilkan sebuah pertunjukan yang luar biasa. FOTO: Dok. DBL Indonesia

SURABAYA – SUREPLUS :Total 1.063 tim telah berpartisipasi pada kompetisi dance bergengsi tanah air, UBS Gold Dance Competition 2018. Berlangsung di 30 kota dari 22 provinsi. Dari Aceh hingga Papua. Bersamaan dengan berlangsungnya kompetisi basket pelajar terbesar tanah air, Honda DBL (Developmental Basketball League).

Setelah melalui proses penjurian yang sangat ketat, gelar National Champion UBS Gold Dance Competition 2018 jatuh kepada Smala Dance Crew (SDC), sebutan tim dance dari SMAN 5 Surabaya. Gelar nasional posisi kedua dihuni oleh perwakilan tim dance SMA Stella Duce 1 Jogjakarta. Disusul oleh tim dance SMAN 1 Semarang pada posisi ketiga.

Beragam konsep penampilan, kreasi koreografi, dan kostum, telah dipentaskan. Oleh tim dance dari ribuan sekolah. Demi mengejar gelar National Champion, dan hadiah liburan ke Hongkong. Dari 30 kota di 22 provinsi penyelenggaraan, terpilihlah 27 First Place UBS Gold Dance Competition. Ke-27 tim dance inilah yang dinyatakan melaju ke National Phase UBS Gold Dance Competition.

Video penampilan mereka dinilai langsung oleh PT Untung Bersama Sejahtera (PT UBS) dan DBL Indonesia untuk mencari siapa yang terbaik dari yang terbaik. Aspek penilaian dari kompetisi ini diantaranya adalah kreativitas, koreografi, kekompakan, kostum, properti, serta power.

Mengusung tema film Coco (2017), SDC menampilkan sebuah pertunjukan yang luar biasa. Mereka dapat memadupadankan berbagai elemen. Mulai dari koreo, power, kostum hingga properti secara konsisten dari awal hingga akhir. Tak hanya itu, pemilihan lagu yang diusung SDC seperti beberapa lagu dari Mexico membuat cerita dari konsep dance mereka makin hidup. Kelebihan itulah yang mengantarkan SDC meraih gelar nasional. Sukses mengulang pencapaian serupa pada edisi 2016.

“Kami sempat berdebat untuk menemukan siapa pemenang dari tiga terbaik. Akhirnya, kami sepakat bahwa SDC memang pantas kembali menjadi juara karena penampilannya yang konsisten, balance, dan on point dalam membawakan cerita dari awal hingga akhir. Selain itu, permainan hula hoop yang mereka bawakan juga menjadi kejutan tersendiri,” ujar Erwin Suganda, Creative Director PT. Untung Bersama Sejahtera (UBS).

Tak hanya seluruh personel SDC yang berkesempatan menikmati liburan persembahan dari PT UBS. SMA Don Bosco Banjarmasin juga berhak liburan ke Bali setelah berhasil meraih gelar Most Favourite UBS Gold Dance Competition 2018.

Wakil dari South Kalimantan Series ini berhasil terpilih sebagai paling favorit. Mengalahkan 26 tim dance pesaing lainnya yang berstatus favorit di masing-masing wilayahnya. Penilaian dilakukan dengan mekanisme voting secara online melalui Mainmain.id. Periode voting dilakukan pada 10 Desember 2018 hingga 10 Januari 2019.

Tim dance SMA Don Bosco Banjarmasin memimpin dengan total 5.861 vote. Unggul atas SMA Santo Albertus Malang yang berada di posisi kedua dengan total perolehan 3.371 vote. Atas keberhasilan ini, tim dance SMA Don Bosco Banjarmasin berhak mendapatkan hadiah berlibur ke Bali para Februari 2019 mendatang.

Selain gelar National Champion dan Most Favourite, PT UBS dan DBL Indonesia juga menetapkan tim dance yang berhak menyandang predikat Regional Champion. Dari 30 kota di 22 provinsi penyelenggaraan UBS Gold Dance Competition 2018, dibagi menjadi tiga region atau wilayah.

Untuk Region I, meliputi penyelenggaraan di pulau Sumatera, dari Banda Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Jambi, Palembang, hingga Bandar Lampung. Dan Regional Champion ini adalah SMA Teluk Kuantan Riau.

Sementara itu, untuk Region II, meliputi pelaksanaan di wilayah Jawa dan Bali (Denpasar, Surabaya, Malang, Semarang, Solo, Jogjakarta, Bandung, Cirebon, Bogor, Bekasi, Tangerang dan Jakarta). Gelar Regional Champion ini diamankan tim dance SMAN 5 Surabaya yang berstatus sebagai National Champion.

Adapun Region III, meliputi pelaksanaan di Kalimantan (Samarinda, Banjarmasin, dan Pontianak), Sulawesi (Manado dan Makassar), Nusa Tenggara (Mataram dan Kupang), dan Papua (Jayapura). Adalah tim dance SMAN 3 Samarinda yang menyandang Regional Champion. (RILIS/DM)

Editor: Dony Maulana