Penambahan 10 Unit Suroboyo Bus Efektifkan Lalu Lintas Kota Surabaya

Unit baru Suroboyo Bus yang dioperasikan hari Senin (7/1/2019) dengan jumlah 10 bus. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Surabaya kembali meluncurkan 10 unit Suroboyo Bus, dengan jumlah total menjadi 20 unit bus. Penambahan bus ini guna untuk menambah kekuatan bus yang sudah ada sebelumnya. Sebab, untuk rencananya selanjutnya headway atau waktu antara dua sarana angkutan untuk melewati suatu titik atau tempat perhentian bus bisa lebih pendek.

“Untuk kedepannya supaya lebih banyak warga Kota Surabaya yang tertarik untuk menggunakan angkutan massal ini. Sebab, dapat mengurangi angka kecelakaan dan dapat mengurangi kemacetan di Kota Surabaya,” ungkap Walikota Surabaya, Tri Rismaharini saat sesi wawancara, Senin (7/1/2019)

Risma mengatakan, selama ini rata-rata lama perjalanan bus 20 menit. Dirinya merencanakan penghematan waktu 10 menit , dengan penambahan kekuatan rute timur-barat dan rute utara-selatan. Selain itu, dari 10 unit bus baru tersebut dilengkapi dengan fasilitas charger HP dan juga free WIFI.

“Apabila anak muda Surabaya tertarik naik bus, maka angka kecelakaan bisa ditekan, karena selama ini angka kecelakaan tertinggi usia remaja atau anak muda,” tambahnya.

Metode pembayaran yang digunakan masih sama, yakni tetap penumpang memberikan botol plastik sebagai ongkos perjalanan. Hal ini dilakukan, guna mengedukasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan yang juga sudah dirasakan oleh Kota Pahlawan.

“Pembayarannya masih sama kok pakai botol plastik. Selamanya kayak gitu, pakai botol plastik terus. Saat ini sampah plastiknya sudah berkurang, jarang sekali kami menemukan sampah plastik di selokan. Kalau masih ada, itu sisa-sisa kemarin, sekarang sudah hampir tidak ada,” ucap Risma.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Irvan Wahyu Drajat memastikan 10 armada Suroboyo Bus yang baru tersebut akan ditambahkan untuk rute barat hingga timur sebanyak tujuh unit. Sedangkan tiga unit lainnya akan ditambahkan untuk mendukung rute utara selatan, sehingga setiap rute akan ada 10 armada.

“Akan ada masing-masing 10 armada, baik rute barat-timur dan utara-selatan. Insyallah minggu ini akan mulai dioperasikan,” ujar Irvan.

Untuk kapasitas penumpang, bus ini dapat mengangkut 65 orang karena bus yang baru ini memiliki dua pintu, sedangkan bus yang lama kan hanya menggunakan satu pintu. Kaca yang lebih rendah dan berbagai fasilitas lain dapat digunakan hanya dengan membayarkan botol plastik.

“Pemkot Surabaya juga menambah delapan halte bus yang terletak di depan UIN, depan Royal, depan Joyoboyo, Mayjen Sungkono depan KPU, Mayjen Sungkono sebelah SPBU, HR Muhammad sekitar Masjid At-taqwa, Dharmawangsa sekitar rumah sakit Dr Soetomo, Kertajaya Indah sebelah bundaran ITS,” tutup Irvan.[DEWID WIRATAMA/DM]

Editor: Dony Maulana