Dinkes Surabaya Fasilitasi Pelayanan Kesehatan Warga Kota Pahlawan

Warga daerah Soka, Ambengan, dan Tambaksari saat memeriksakan diri di Taman Paliatif, Minggu (6/1/2019). Acara rutin hari Sabtu dan Minggu ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan bekerja sama dengan beberapa perangkat pemerintahan kota Surabaya lainnya. FOTO: SUREPLUS/DEWID WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya bersama dengan Dinas Sosial (Dinsos) menggelar pemeriksaan rutin di Taman Paliatif, Minggu (6/1/2019). Pemeriksaan kesehatan ini rutin digelar oleh pemerintah kota setiap hari Sabtu dan Minggu dalam rangka meningkatkan kualitas layanan kesehatan kota pahlawan. Layanan kesehatan ini ,tidak hanya dilaksanakan di taman Paliatif, melainkan juga di taman lansia yang berada di jalan Gubeng, Surabaya.

“Tadi sebelum periksa, warga juga diarahkan untuk melakukan olahraga senam terlebih dahulu. Baru setelah itu kita open regis,” ungkap R.A Chandra Kusuma Wardani. M.Kes, perwakilan dari salah satu dokter dari Dinas Kesehatan Surabaya, saat ditemui reporter Sureplus.id

Ia menambahkan, pemeriksaan kesehatan kali ini meliputi tekanan darah, kolesterol, gula darah, psikologis dan juga mata. Jadi semua kita periksa mulai dari perilaku sampai dengan keadaan fisiknya. Segala bentuk jenis kegiatan, yang dilakukan juga ditanyakan dengan teliti oleh para dokter yang memeriksa warga, untuk mengetahui seluk beluk kinerja tubuh.

“Pelaksanaan acara ini melibatkan seluruh puskesmas di Surabaya. Khusus untuk hari ini, pemeriksaan dilaksanakan oleh Puskesmas Gading, sedangkan untuk hari Sabtu kemarin, pemeriksaan dilakukan oleh Puskesmas Pacar Keling,” ucap Chandra.

Jumlah keseluruhan pasien yang tercatat pun yakni 105 orang, yang mana didominasi oleh ibu-ibu paruh baya di komplek tersebut. Para warga yang hendak memeriksakan diri tersebut rela mengantri dari jam 7 hingga jam 9 pagi. Dalam acara kali ini, Dinas Kesehatan telah mengantisipasi jumlah warga dengan membawa suplai obat yang cukup.

Acara ini juga dibantu oleh Formi Kota Surabaya, pihak penyelenggara senam pagi di taman Paliatif. “Kalau senam kita biasanya mulai jam 6 hingga selesai. Habis gitu dilanjut dengan kegiatan pemeriksaan dari dinas kesehatan,” ujar Bambang Sugiarto, perwakilan Forum Kota Surabaya. Ia juga mengatakan, bahwa acara ini diperuntukkan bagi warga perumahan jalan Kesumba, Soka, Ambengan dan Tambak Sari.

Beberapa warga yang datang, mengungkapkan kepuasan mereka untuk layanan dari pemerintah kota Surabaya tersebut. “Lengkap sekali ini periksanya, jadi gausah nunggu kerumah sakit pula. Cukup jalan berapa meter aja,” ujar Sumarsih (48), salah satu warga seusai diperiksa. (DEWID WIRATAMA/DM)

Editor: Dony Maulana