PLN Jatim Pastikan Pasokan Listrik Jawa dan Bali Aman untuk Tahun Baru 2019

PLN Distribusi Jawa Timur, memastikan pasokan listrik untuk tahun baru 2019 dalam kondisi aman. FOTO: SUREPLUS/DOK

SURABAYA-SUREPLUS: Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Timur, memastikan pasokan listrik untuk tahun baru 2019 dalam kondisi aman. Pasokan listrik tersebut meliputi daerah Jawa, dan pulau Bali yang daya listriknya telah tersedia 20 hingga 22 gigawatt.

“Untuk pasokan listrik menjelang natal dan tahun baru 2019, kami telah sediakan daya sebesar 20 hingga 22 megawatt,” ujar Fenny Hayan, manager komunikasi PLN Jawa Timur, saat diwawancarai wartawan Sureplus.id via telepon.

Terkait dengan kondisi kelistrikan di wilayah tersebut, Fenny mengungkapkan permintaan masyarakat cenderung turun hingga 20 persen, lantaran telah memasuki liburan natal dan tahun baru yang awalnya konsumsi keseluruhan mencapai angka 27 persen.

Perkiraan dari penurunan tersebut di juga dikarenakan liburnya kantor dan industri. Selain itu, beberapa kawasan perumahan di wilayah kota besar Jawa dan Bali nampak adanya penurunan beban listrik.

PLN dalam pelaksanaan tugasnya, berencana mengamankan pasokan listrik di jalur mudik, yakni sejumlah rest area mulai Jawa hingga pulau Bali demi terjaganya kondusifitas kegiatan mudik tahun baru 2019.

Tak luput pada beberapa lokasi wisata, menjelang tahun baru khususnya di beberapa titik wisata di Jawa, rencananya akan di sediakan daya tambahan. Hal tersebut, lantaran beberapa hari setelah natal, mulai hari ini telah terlihat peningkatan pengunjung di berbagai lokasi di Jawa.

“Jadi untuk tahun baru nanti kami akan menyediakan tambahan pasokan, jika memang ada demand (permintaan) dari masyarakat,” tutup Fenny.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana