Lonjakan Harga Cabai Hijau yang Merangkak Naik Jelang Pergantian Tahun

Kegiatan berdagang dan membeli di pasar pakis pada pagi hari, Senin (24/12/2018). FOTO: SUREPLUS/WIRATAMA

SURABAYA-SUREPLUS: Kenaikan harga cabai hijau telah terasa di beberapa pasar tradisional di Surabaya. Dibandingkan dengan harga awal yang mencapai Rp.18.000,- per kilo, kini meningkat menjadi Rp.35.000,- per kilonya. Peningkatan ini terjadi lantaran semakin banyaknya permintaan konsumen, yang tidak diimbangi dengan musim hujan.

“Cabai hijau ini naik harganya kalau dibandingkan awalnya. Sekarang kan 35 sampai 36 ribu, kalau awal dulu harganya cuman 18 ribu saja,” ujar Rofiqin (58), salah satu pedagang di pasar pakis, saat ditemui wartawan Sureplus.id, Senin (24/12/2018).

Rofiqin mengatakan, kenaikan harga cabai ini terjadi saat awal bulan Desember 2018 ini, dimana permintaan kebutuhan untuk acara perayaan natal dan tahun baru makin meningkat. Ia mengaku sejak pertengahan Desember, telah banyak warga ibu-ibu maupun pedagang lain yang menggeruduk kiosnya.

Kendati demikian, kenaikan harga ini juga dipengaruhi lantaran musim penghujan yang terjadi semenjak November lalu. Rofiqin mengutarakan bahwa ia tidak menggunakan jasa supplier yang biasanya ia pesan, lantaran naiknya harga terlalu banyak. Ia pun lantas mencari alternatif lain dengan cara mendatangi beberapa pasar lain di area Surabaya dan Sidoarjo untuk mendapatkan cabai hijau.

“Kalau cabai merah, harganya juga naik tapi tidak setajam cabai hijau.  Cabai merah itu cuman naik seribu yang awalnya 15 ribu, waktu awal Desember kemarin jadi 16 ribu,” ungkap Rofiqin.

Tidak hanya di pasar pakis, kenaikan juga terasa di pasar kembang Surabaya. Kenaikan harga yang terjadi disini mencapai Rp.38.000,-. Samsul Ariefin contohnya, salah satu pedagang bahan pangan di pasar kembang.

“Naik harga sampai 38 ribu pokoknya semenjak musim hujan. Kalau sebelumnya saya jual harganya 18 ribu perkilonya,” ujar Arief.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu pembeli di pasar pakis, Erti Astuti. Namun menurutnya kenaikan harga cabai ini tidaklah tajam seperti yang pernah ia beli di Malang dengan harga yang mencapai Rp.50.000,- per kilonya.

“Saya Desember 2017 kemarin seminggu di Malang. Itu harga cabai hijau disana sampai 40 ribu per kilonya. Saya kagetnya adalah kok yang di sini (Surabaya) lebih murah meskipun sama-sama naik harganya,” ungkap Esti.[DEWID/DM]

Editor: Dony Maulana