Gelar GSI Scale Con 2018, Upaya Sinergikan Ekosistem Startup

GoStartupIndonesia (GSI) menggelar konferensi GSI Scale Con 2018 yang merupakan rangkaian final pitching competition, talkshow dan mentoring di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta. FOTO: BEKRAF.GO.ID

JAKARTA-SUREPLUS: Berupaya mensinergikan berbagai pihak dalam ekosistem startup, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bersama Mandiri Capital Indonesia meluncurkan GoStartupIndonesia (GSI), pada 6 September 2018 lalu.

Tiga bulan kemudian, Senin (03/12/2018), dari platform GSI tersebut dibuatkan konferensi GSI Scale Con yang merupakan rangkaian final pitching competition, talkshow, dan mentoring di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta.

Konferensi yang baru diseleranggarakan untuk pertama kalinya ini didatangi oleh lebih dari 2.000 peserta, dari kalangan pegiat teknologi, startup, korporasi, investor, media, pengusaha, akademisi dan komunitas.

“Platform ini memang bertujuan mensinergikan berbagai pihak yang terlibat dalam ekosistem startup. Dan konferensi tahunan ini menjadi ajang penting mempertemukan setiap pihak yang terlibat. Pemerintah, ahli di bidang teknologi, penggiat startup hingga para investor, dan mendorong kian banyaknya startup untuk IPO (Initial Public Offering),” kata Deputi Akses Permodalan Bekraf, Fadjar Hutomo, seperti dikutip sureplus.id dari situs bekraf.go.id.

Sementara menurut Direktur Akses Non-Perbankan Bekraf, Syaifullah, GSI Scale Con merupakan salah satu kegiatan di bawah GostartupIndonesia dalam upaya membangun ekosistem melalui pemberdayaan Universitas, Inkubator, Akselerator, dan Coworking Space. Ini untuk menciptakan ekosistem yang kondusif untuk tumbuh kembangnya startup.

Di GSI Scale Con, pemenang kompetisi Pitching dari Surabaya, Yogyakarta, Batam, Medan, Bali, Bandung, dan Jakarta dengan total sebanyak 15 startup finalis GSI, mengikuti final pitching dan sudah mengikuti bootcamp selama lima hari di Jakarta.

Selain panggung khas konferensi teknologi, juga digelar GSI Alley, pameran startup yang dimeriahkan oleh lebih dari 16 startup inovatif para finalis dari kota-kota roadshow, yaitu Surabaya, Yogyakarta, Medan, Denpasar, Jakarta, Bandung & Batam.

Juga ada Scale Hours dan Studios, sesi yang memfasilitasi peserta konferensi untuk lebih dekat dengan para ahli berpengalaman di industri startup. Sesi diskusi pada Scale Studios bahkan dibatasi dalam kelompok kecil agar diskusi dan interaksi dapat lebih fokus.

Ada lagi Speed Dating yang akan mempertemukan para startup dengan puluhan investor terkemuka dari berbagai negara. Kemudian GSI Startup Championship Grand Finale sebagai sesi puncak konferensi.

“Kami mendukung penuh event seperti GSI Scale Con yang selaras dengan tujuan Mandiri untuk terus berupaya mengoptimalkan potensi semangat kewirausahaan dan startup di Indonesia,” kata Hira Laksamana, Direktur Finance dari Mandiri Capital. (PRS/AZT)

Editor: Aziz Tri P