Memasuki Penghujung 2018, Bulog Kediri Jamin Stok Beras Aman

Deny Kurniawan (kiri), Wakil Kepala Perum Bulog Subdivre Kediri, menyampaikan data terbaru tentang jaminan kecukupan beras jelang akhir tahun di Kediri dan sekitarnya, saat menghadiri Rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri, Rabu (5/12/2018). FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS:

Meski sejak akhir tahun ini, harga berbagai jenis beras di Kediri mengalami kenaikan, Perum Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) Kediri menjamin, stok beras aman hingga musim panen mendatang.

“Kami yakin pasokan beras akhir tahun ini aman hingga bulan April tahun 2019,” kata Wakil Kepala Perum Bulog Subdivre Kediri, Deny Kurniawan, saat menghadiri Rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri, di Kantor Bank Indonesia Kediri, Rabu (5/12/2018).

Menurut dia, kenaikan harga bahan pangan ini dinilai wajar pada masa sekarang. Hal tersebut karena berlaku hukum ekonomi. Lebih tepatnya, sebab saat ini belum memasuki masa panen, sehingga pasokan berkurang.

Namun di pasaran, sebut dia, permintaan masyarakat terhadap beras cenderung meningkat, terutama jelang akhir tahun 2018. Yang mana, pada penghujung tahun ada banyak momentum atau hari besar yang diperingati masyarakat.

“Sebagai dampaknya, harga aneka beras di pasaran otomatis mengalami kenaikan. Namun, untuk mengendalikan gejolak harga ini kami bersama TPID setempat menggelar Operasi Pasar Murni, yang menyediakan sembako dengam harga terjangkau,” katanya.

Walau demikian, dia menjamin, pasokan beras di wilayah Kabupaten dan Kota Kediri, serta di Kabupaten Nganjuk, aman hingga empat bulan mendatang. Untuk saat ini, berdasarkan data Perum Bulog Subdivre Kediri, secara total, ketersediaan beras di gudang Bulog mencapai 10.700 ton.

Di lokasi serupa, Perwakilan Satgas Pangan Kota Kediri, Andy Purnomo memastikan, ikut mendukung pengamanan pasokan bahan pangan jelang akhir tahun.

“Pengamanan stok bahan pokok ini dilakukan petugas terkait, dengan mengawasi mata rantai distribusi hingga ke tingkat konsumen. Dari data di lapangan, memang stok bahan pokok aman hingga empat bulan ke depan,” katanya.

Oleh karenanya, dia mengimbau, masyarakat agar tak perlu khawatir, terhadap ketersediaan bahan pokok menjelang akhir tahun ini. Apalagi hal terpenting, adalah konsumen di Kediri selalu berbelanja dengan bijak, yakni mengutamakan kebutuhan, daripada keinginan.[AYU CITRA SR/DM]

Editor: Dony Maulana