Magnum Molis Hadirkan Inovasi Sepeda Masa Depan Bertenaga Listrik

Sepeda listrik Magnum Molis tipe E-Bike XT750, sepeda produk terbaru dengan baterai Lithium yang ditampilkan di Grand City, Kamis (8/11/2018). FOTO: magnummolis.com.

SURABAYA-SUREPLUS: Barisan sepeda bertenaga listrik yang dipamerkan oleh Magnum Motor Listrik (Molis) di Grand City pada hari ini, Kamis (8/11) merupakan inovasi terkemuka di era modern. Produk yang dibawakannya kali ini ada dua macam, yakni sepeda motor listrik dan sepeda listrik.

Dalam pameran yang diselenggarakan hingga tanggal 11 mendatang, delapan unit motor kinclong nan canti Surabaya. “Kita menghadirkan tujuh motor awalnya, hari ini baru datang satu lagi. Ada Scooter, Legend, Tricycle, Tomo, E-Bike XT-750, E-Bike G660,” ujar Muhammad Andy, selaku perwakilan dari Magnum Molis, Kamis (8/11).

Menurut Andy, sepeda motor listrik dengan berbagai model dan tipikal ini dirancang dengan tujuan utama ramah lingkungan, dan hemat biaya operasional mengingat saat ini mobilitas masyarakat sangatlah padat, sementara kendaraan sekarang kendaraan motor saat ini menghasilkan polusi dalam jumlah besar setiap harinya.

Khusus untuk sepeda listrik untuk E-Bike XT-750 dan G660 ini, memiliki jarak tempuh dengan sekitar 90km dengan kecepatan rata-rata 35km/jam, ditambah dengan proses charging cukup tiga jam saja.  Sedangkan motor listrik lainnya dapat menempuh jarak 60km hingga 200km.

“Jadi untuk yang sepeda, kita pakai baterai Lithium dengan transmisi terbaru dari pabrik. Jadi selain jarak tempuh yang jauh, sepeda listrik Magnum ini juga mengedepankan kenyamanan dan keamanan,” ungkap Andy.

Lantaran pada dasarnya rangka dan desain sepeda pada umumnya memang sederhana dan ringan, otomatis. Sepeda ini memiliki cara kerja dari Aki, dinamo dan Controller. Andy berdalih sepeda ini bahkan mampu menerjang banjir meskipun air mengenai aki, asalkan air tidak menggenangi controller karena merupakan komponen pusat sepeda.

Andy mengakui pada saat ini, Magnum belum menghadirkan sepeda listrik custom untuk diikutikan ajang kompetisi. “Magnum Molis merencanakan pengeluaran produk bernama moddy, motor listrik berukuran yang lebih besar dan panjang daripada motor listrik lainnya, bisa dipakai Surabaya Malang pulang pergi dalam sekali cas,” tutup Andy.[Dewid Wiratama/DM].

Editor: Dony Maulana