Ekspansi Pasar Global, BC Kediri Gandeng Disperdagin Sosialisasi KITE Bagi IKM

Adiek Marga, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kediri (kanan), bersama beberapa narasumber memberikan sosialisasi KITE IKM kepada sejumlah pelaku IKM di Kota Kediri, Selasa (6/11/2018). FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS : Guna membantu pengusaha lokal melakukan ekspansi hingga pasar global, Bea Cukai Kediri menggandeng Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri mengadakan sosialisasi Program Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM).

“Agenda ini wujud sinergi kami, antara Bea Cukai Kediri dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri. Salah satunya, melalui kegiatan fasilitasi peningkatan dan pengembangan ekspor industri kecil menengah/ IKM,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, Yetty Sisworini, saat memberikan sambutan pada Sosialisasi KITE, di Kota Kediri, Selasa (6/11).

Menurut Yetty, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman para pelaku IKM tentang ekspor impor. Selain itu, juga memberikan motivasi agar pelaku IKM Kota Kediri mampu bersaing di mancanegara.

“Pasar global masih terbuka luas bagi IKM asal Kota Kediri,” katanya.

Di lokasi yang sama, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kediri, Adiek Marga, tampak didapuk sebagai salah satu pembicara.

Pada kesempatan ini, Adiek memberikan materi tentang fasilitas KITE IKM (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor Industri Kecil Menengah). Program KITE IKM adalah fasilitas pembebasan bea masuk serta tidak dipungut PPN dan PPNBM atas impor barang atau bahan untuk diolah, dirakit dan dipasang pada barang lain dengan tujuan diekspor.

“Fasilitas ini, berguna untuk mendorong pertumbuhan produk IKM dengan branding nasional untuk merebut dan sekaligus mengisi pasar internasional,” katanya.

Dia berharap, dengan kegiatan ini dapat memberikan wawasan pelaku IKM mengenai ekspor impor. Bahkan, turut menumbuhkan keinginan mereka untuk melebarkan usahanya hingga skala internasional.[Ayu Citra SR/DM]

Editor: Dony Maulana