Kampanye Pariwisata Luar Angkasa Semakin Gencar

AMERIKA SERIKAT-SUREPLUS: Layaknya sebuah perlombaan, perusahaan teknologi luar angkasa swasta Amerika Serikat (AS) saat ini sedang serius mengerjakan kapsul roket luar angkasa untuk kebutuhan pariwisata.

Elon Musk dengan SpaceX-nya, Richard Branson dengan Virgin Galactic, serta Jeff Bezos dengan Blue Origin-nya. Ketiganya sama-sama memiliki kesamaan, yakni ide-ide yang mungkin sebelumnya tidak pernah terlintas di benak banyak orang. Kalau pun muncul, akan secepatnya ditepis karena pemikiran semacam ini dianggap mustahil.

Namun Elon, Richard maupun Bezos adalah tiga manusia yang tak sekadar berangan-angan lalu mengubur impiannya, karena mereka sudah mengerjakan megaproyek bernilai miliaran dolar AS ini. Ya, Elon dengan SpaceX Falcon 9 sudah pada tataran menyempurnakan, begitu juga dengan Richard dan Bezos.

Untuk jangka pendek, proyek ketiganya masih sebatas bertujuan untuk memberikan tumpangan bagi para konglomerat dunia yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda.

Seperti diungkapkan Elon maupun Bezos, roket miliknya saat ini dikerjakan untuk keperluan pariwisata luar angkasa, atau penerbangan lintas benua dengan kecepatan yang sangat dahsyat seperti diungkapkan Elon dalam kampanye roket buatannya.

Sedikit berbeda dengan Elon, Bezos ingin menawarkan sejumlah fasilitas serta pengalaman yang tak pernah dirasakan sebelumnya. Bahkan tak menutup kemungkinan dalam perkembangannya, Blue Origin miliknya akan menjadi alat transportasi yang akan membantu satutriliun manusia ketika pindah ke planet di luar bumi.

“Kami mulai menghadapi fakta absolut bahwa bumi itu terbatas. Dan suatu saat nanti Blue Origin bisa membantu proses boyongan manusia ke luar angkasa,” sebut Bezos.

Setidaknya pernyataan Bezos di KTT Wired ke-25 di San Fransisco beberapa waktu lalu, meyakini suatu saat nanti bumi akan penuh sesak. Dan saat itulah kebutuhan tinggal dan hidup di luar angkasa menjadi opsi yang tak bisa ditawar.

Sementara Branson sendiri mengungkapkan, bahwa dalam waktu dekat Virgin Galactic miliknya akan mengorbit ke luar angkasa. Ya, persaingan di antara mereka dipastikan bakal sangat ketat.

Lantas, siapa yang akan keluar sebagai pemenang dari perlombaan ini, tentu fakta yang akan berbicara. Karena butuh kesempurnaan tingkat tinggi untuk memastikan proyek ini berhasil.(ZAL)  

Editor: Fahrizal Arnas