Huawei Mate 20 X Dirancang Khusus Bagi Pecandu Game

Huawei Mate 20 X. FOTO: GIZMOCHINA

SURABAYA-SUREPLUS: Para penggemar smartphone game kini memiliki banyak opsi seiring kemunculan sejumlah ponsel game di pasaran. Namun, dari beberapa produk ponsel game, Huawei Mate 20 X salah satu yang menawarkan sejumlah keunggulan berbeda dengan beberapa fitur menarik lainnya.

Huawei Mate 20 X adalah anggota terbaru dari seri Mate yang memang dirancang khusus untuk para pecandu game.

Mate 20 X sendiri dapat disebut sebagai campuran Mate 20 dan Mate 20 Pro karena memiliki sejumlah fitur dari kedua ponsel tersebut. Ambil contoh, layarnya jauh lebih besar dibanding kedua ponsel tersebut, tepatnya berukuran 7,2 inci.

Ponsel ini memiliki takik air-drop dan resolusi 1080 x 2244 dari Mate 20, sementara fitur lainnya yang berupa panel OLED sama dengan Mate 20 Pro.

Seperti dikutip dari Gizmochina, Mate 20 X didukung oleh Kirin 980 dengan RAM 6GB dan 128GB penyimpanan sama besarnya dengan Mate 20 Pro. Perangkat ini juga memiliki triple kamera belakang dengan konfigurasi yang sama dengan Mate 20 Pro (40MP + 20MP + 8MP). Sementara untuk kamera depannya memiliki sensor 24MP.

Ponsel ini hadir dengan GPU Turbo 2.0, jadi kinerja game dipastikan lebih baik. Dan pengguna tak perlu khawatir perangkatnya cepat panas karena Huawei seri ini menggunakan Huawei Supercool, teknologi pendingin yang terdiri dari ruang uap dan teknologi pendinginan film graphene.

Konon teknologi pendinginan ini sama dengan yang digunakan Honor Magic 2 yang dijadwalkan diluncurkan pada akhir Oktober nanti.

Huawei memiliki beberapa aksesoris untuk Mate 20 X seperti pad gaming yang menempel di sebelah kiri perangkat. Alas game memiliki pad-D dan tongkat analog. Mengingatkan kita pada gamepad Black Shark, hanya ponsel pihak ketiga yang didanai Xiaomi ini tidak memiliki D-pad.

Mate 20 X juga memiliki dukungan untuk stylus yang dijuluki M-Pen. Stylus memiliki tingkat tekanan hingga 4096 dan bisa digunakan untuk mencatat langsung dari layar terkunci melalui aplikasi Easy Memo. Ini harus dibeli secara terpisah dan tidak dapat disimpan di perangkat seperti S-Pen dari seri Samsung Galaxy Note.

Huawei sendiri mengatakan Mate 20 X mendukung proyeksi nirkabel ke layar yang lebih besar. Selain itu, ponsel ini memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh dengan dukungan untuk SuperCharge, port USB-C, jack audio 3,5mm, GPS dual-band, pemindai sidik jari di-display, dan NFC.
Smartphone tersebut juga memiliki sensor IR, speaker stereo NFC, dan slot kartu memori NM hingga 256GB untuk menambah ruang penyimpanan pada ponsel. Ponsel ini menjalankan Android Pie di luar kotak.

Ponsel ini akan tersedia dalam warna Silver Violet dan Midnight Blue ketika dijual pada 26 Oktober mendatang. Ponsel ini akan dikirim dengan casing pelindung dan sepasang earphone berkabel 3,5 mm.(ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas