Libur Akhir Pekan, Wisata ke Hutan Toga Kab Kediri Jadi Pilihan

Sejumlah pengunjung bersama Forkopimda Kab Kediri menikmati udara segar dan melihat langsung koleksi tanaman obat keluarga, di Hutan Tanaman Obat, Mbambingan, di Desa Sugihwaras, Kec Ngancar, Kab Kediri. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS : Memanfaatkan libur akhir pekan, memang bisa diwujudkan dalam berbagai aktivitas. Salah satunya, dengan mengunjungi Wisata Edukasi Hutan Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang dinamakan Mbambingan.

Objek wisata ini, tepatnya berada di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri dan masih satu lokasi dengan Gunung Kelud. Destinasi wisata dengan pemandangan elok nan  hijau ini, merupakan tempat tumbuhnya aneka jenis tanaman obat.

“Jumlah tanaman obat ini bisa.mencapai ratusan. Bahkan, kita patut bangga, karena ini ada yang tanaman asli dari Kabupaten Kediri, dan ada pula yang berasal dari luar daerah,” kata Pemandu Wisata Edukasi Hutan Obat Mbambingan, Wahyu, di Kabupaten Kediri, Senin (15/10/2018).

Mengenai tiket memasuki wisata ini, dia menceritakan, biayanya sangat murah. Setiap pengunjung hanya dikenakan Rp 5.500 per orang. Namun, bagi mereka yang ingin lebih hemat disarankan untuk menggunakan paket wisata. “Kami ada paket wisata 1, 2 dan 3 yang dikemas dengan harga terjangkau. Pada paket ini, minimal diisi 20 pengunjung, baik untuk pelajar atau umum,” katanya.

Wahyu menambahkan, dengan berkunjung ke kawasan ini, masyarakat bisa menikmati beragam paket wisata yang ditawarkan. Salah satunya, seperti Paket Edukasi Tanaman Obat Keluarga (Toga).

“Secara detail, kami akan menjelaskan ragam jenis Toga dan manfaatnya. Bahkan, hingga bagaimana cara mengolahnya untuk obat maupun kesehatan,” katanya.

Untuk menarik perhatian pengunjung, pihaknya juga menyediakan ramuan herbal dan pengolahan jamu di lokasi wisata tersebut. Hal ini diyakini.bakal sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan maupun untuk pengobatan.

Sebagai informasi, di area.wisata ini juga menjual bibit tanaman obat keluarga dan dilengkapi dengan cara  penanamannya. Ada pula, modul Toga, sarana outbond, akupressure, hingga pijat tradisional. (AYU CITRA SR/AZT)

Editor: Aziz Tri P