Kursus Dua Hari, Sumiran Hadirkan Zoefam Chemical Laundry

Zoefam Chemical Laundry buatan Sumiran masih melayani jasa penyedia laundry wilayah sekitar. FOTO : SUREPLUS/AGUS HIDAYAT

BANGKALAN-SUREPLUS: Dibalik menjamurnya bisnis laundry rupanya terselip peluang usaha baru bagi Sumiran. Pria 43 tahun ini awalnya juga berhasrat membuka usaha laundry. Namun apa daya, hanya sebatas keinginan. Usaha lain yang kini dirintis masih bersentuhan dengan laundry.

Sumiran lantas memutar otak. Kegagalan membuka usaha laundry justru memunculkan ide baru, yakni penyedia bahan dasar (bahan kimia) yang diperlukan dalam proses kerja laundry. Meski berskala rumahan, namun produk Sumiran telah mencuri hati para penyedia jasa laundry.

“Setelah berdiskusi dengan istri, akhirnya saya memilih untuk membuat bahan dasar laundry. Bagi saya ini peluang, oleh karena banyak yang membuka usaha laundry di Kamal dan sekitar kampus UTM (Universitas Trunojoyo Madura). Jadi penyadia jasa laundry tak perlu jauh-jauh mencari bahan dasar,” terang Sumiran.

Produk bahan dasar pendukung laundry milik Sumiran berlabel Zoefam. Tersedia dalam empat jenis, yang digunakan pada tahapan kerja laundry yang berbeda. Keempatnya adalah deterjen matic, pelembut, pelicin, serta parfum laundry.

Secara umum, setidaknya terdapat tujuh jenis bahan pendukung yang digunakan dalam proses laundry. Masing-masing adalah detergen, pelembut (softener), pelicin, pewangi (parfum), pemutih, penghilang noda, serta antiseptik.

Dikatakan Sumiran, detergen matic hanya tersedia satu varian aroma. Softener terdapat tujuh varian aroma, yaitu snappy, jasmine, downy black, London fresh, aromatic, ocean fresh, serta florist. Jenis pelicin ada empat varian aroma, yakni snappy, florist, du mistiq, serta ocean. Sedang parfum terdiri dari 15 varian aroma.

“Usaha ini saya rintis akhir 2015. Bekal ilmu saya peroleh lewat kursus selama dua hari di Krian, Sidoarjo. Awal mencoba sering gagal. Sampai akhirnya menemukan formula yang saya anggap pas untuk dipasarkan,” ungkapnya kepada Sureplus.id, Senin (15/10/2018), disertai tawa kecil.

Keempat jenis produk Zoefam tersedia dalam satu ukuran, 1.500 mililiter (1,5 liter). Harga deterjen matic, pelembut, serta pelicin dibandrol sama, Rp.17.500 per kemasan. Sedangkan untuk parfum lebih mahal, Rp.35.000 per kemasan.

Untuk melayani permintaan para penyedia jasa laundry di Kamal, produk Zoefam tersedia di Pusat Niaga Kamal Blok B/16. Sumiran menyewa tempat tersebut untuk dijadikan toko sekaligus gudang produk. Ia juga memfungsikan rumahnya di Jalan Intan Blok FA/4, Perum Taman Gili, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura, seperti halnya toko.

“Pembelian lewat online juga saya layani. Namun tentu saja jarak juga harus saya perhitungkan. Jika dekat akan saya antar sendiri. Saya juga menyediakan kemasan lima dan sepuluh liter dengan harga jual berbeda,” jelas Sumiran. (AGUS HIDAYAT/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas