Kurangi Pengangguran, Fokus Pemkot Kediri Tahun 2019

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar (kanan), berjabat tangan dengan sejumlah anggota DPRD Kota Kediri, usai menjelaskan, beragam tugas pokok pembangunan pada tahun 2019, pada Agenda Penyampaian Nota Keuangan Rancangan APBD Tahun 2019, di Gedung DPRD Kota Kediri, Senin (15/10/2018). FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS : Menjelang tahun 2019, Pemerintah Kota Kediri telah mempersiapkan serangkaian program untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di wilayah kerjanya. Hal ini seiring makin ketatnya kompetensi masyarakat di sejumlah daerah.

Hal ini disampaikan, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat menyampaikan Nota Keuangan Raperda APBD Tahun Anggaran 2019, dalam Sidang Paripura yang diselenggarakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kediri.

“Kualitas masyarakat di Kota Kediri, harus terus ditingkatkan. Mulai sejak usia dini, hingga kalangan perempuan harus memiliki kompetensi yang mumpuni dan ini bagian dari pembangunan manusia di Kota Kediri,” kata Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, dalam Sidang Paripurna, di Ruang Sidang DPRD Kota Kediri, Senin (15/10/2018).

Upaya ini, ungkap dia, juga akan ditunjang dengan percepatan pembangunan infrastruktur di Kota Tahu, Kediri. Misalnya saja pembangunan jembatan, jalan raya, hingga sarana publik lainnya yang bermanfaat bagi aktivitas masyarakat.

“Fokus kami pada pembangunan tahun 2019, di antaranya pendidikan, kesehatan, dan sektor lain yang perlu dioptimalkan. Misalnya saja, pemberdayaan kalangan perempuan, pengembangan olahraga, seni, dan juga budaya,” katanya.

Sementara itu, seiring telah dilaluinya proses perencanaan yang dimulai dari Musrenbang, RKPD, KUA (Kebijakan Umum APBD) dan PPAS (Plafon Anggaran Sementara), maka tahapan selanjutnya adalah pembahasan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2019 sebagai dasar penetapan APBD Tahun Anggaran 2019.

Adapun awal dari proses pembahasan ini adalah penyampaian Nota Keuangan yang merupakan satu kesatuan dari Rancangan APBD Tahun Anggaran 2019. Nota Keuangan memuat uraian penjelasan secara singkat, kebijakan yang ada dalam Rancangan APBD dan memberikan gambaran awal dengan penyusunan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2019.

Dia melanjutkan, informasi awal yang tertuang dalam Nota Keuangan diharapkan membantu dalam proses pembahasan dan penetapan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2019. Khususnya, yang mencerminkan profesionalitas secara teknis penganggaran dan mengakomodasi kepentingan masyarakat. Seperti, melalui mekanisme perencanaan maupun anggota DPRD sebagai perwakilan aspirasi masyarakat Kota Kediri.

“Dalam RKPD Tahun 2019, pemerintah daerah bersama DPRD telah menetapkan tema Pembangunan Pemerintah Kota Kediri Tahun 2019, ‘Memacu Pertumbuhan Ekonomi Untuk Mengurangi Kemiskinan Dan Pengangguran’,” katanya.

Prioritas pembangunan Kota Kediri tahun 2019, imbuh dia, mengacu pada prioritas pembangunan pada RPJMD tahun 2014-2019 yang diselaraskan dan disinergikan dengan prioritas pembangunan Provinsi Jawa Timur maupun Nasional. (AYU CITRA SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas