Toilet pun Semarakkan Upacara HUT RI dan Asian Games 2018

Jasa sewa toilet yang dikelola PT. Sewatoilet Indonesia telah mempunyai 20 cabang yang tersebar di kota-kota besar wilayah Indonesia. FOTO : SUREPLUS/AGUS HIDAYAT

SURABAYA-SUREPLUS : Di era modern bisnis sewa menyewa tak hanya berkutat seputar apartemen, gedung, rumah, serta mobil. Sewa toilet pun bisa dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Ingin bukti? Datang saja ke Jatim Fair di Grand City Surabaya yang digelar 9-14 Oktober 2018.

Keberadaan sebuah toilet di stan no.31 yang berada di lantai 3 menarik perhatian Sureplus.id untuk mendekat. Sejurus kemudian salah satu penjaga stan menghampiri sambil menyapa dengan senyum ramah. Dengan panjang lebar nan penuh santun sang penjaga stan menjelaskan produk yang dipamerkan.

“Hingga kini kami telah mempunyai 20 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Toilet kami merupakan barang impor yang didatangkan dari Amerika Serikat,” terang M. Fadli Ahmad selaku marketing PT. Sewatoilet Indonesia, Kamis (11/10/2018).

Ada delapan jenis toilet portable yang disewakan. Masing-masing dengan nama Primorest, Sona, Hira, Supara, Portable Shower, Candi, Enhanced Access Unit, serta Portable Urinal Station. Juga tersedia sarana pendukung lain yang juga bisa disewa seperti Portable Handwash Station, Handsanitizer Portable, Wudlu Stasion, dan Moveable Garbage Bin.

“Semua jenis toilet punya kegunaan masing-masing. Jadi penyewa bisa memilih sesuai acara yang diadakan, baik outdoor maupun indoor. Sistim sewa bisa harian, per 15 hari, juga per bulan sesuai price list yang kami keluarkan,” ujar Fadli.

Harga sewa dibagi dalam empat katagori area yang telah ditentukan. Area pertama meliputi Sumatera dan Jawa Barat. Area kedua Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Area ketiga Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Sedang area keempat meliputi Kalimantan, Sulawesi, Bali, serta Lombok.

Harga sewa tertinggi dari jenis Primorest, sedang terendah adalah Sona. Primorest biasanya disewa untuk kebutuhan acara harian seperti pernikahan besar, konser musik, juga pemakaman. Tak jauh beda dengan Sona. Ditambahkan Fadli, Sona bahkan selalu disewa untuk acara upacara peringatan HUT RI di Istana Merdeka, kunjungan Presiden Joko Widodo ke daerah, juga acara yang diadakan oleh kementrian. Sona juga hadir di pentas olahraga Asian Games 2018 yang diadakan di Jakarta dan Palembang.

Fasilitas yang tersedia akan menjamin si pengguna merasa nyaman selama berada di toilet. Jasa sewa ini sudah termasuk penjaga. Tugas penjaga toilet adalah mengecek kebersihan dan fasilitas yang tersedia selama pemakaian, serta menerangkan kepada pengguna tentang cara pemakaian toilet yang benar.

“Pengiriman toilet portable kami lakukan dengan truk. Setelah sampai di tempat tujuan kami tinggal menurunkan untuk ditempatkan di lokasi yang telah ditentukan penyewa,” tambah Fadli.

PT. Sewatoilet Indonesia adalah perusahaan swasta terbesar di Indonesia yang bergerak di bidang persewaan toilet portable. Berawal dari pembuatan mobil toilet berbentuk caravan yang digunakan khusus untuk tamu VIP di tahun 2008. Berkantor pusat di Ruko Panji Makmur Blok D-7, Jalan Panjang Jiwo 46-48 Surabaya. (AGUS HIDAYAT/ZAL)     

Editor: Fahrizal Arnas