Samsung Galaxy A9, Ponsel 4 Kamera Pertama di Dunia

Samsung Galaxy A9 (2018) resmi menyandang status sebagai ponsel pertama di dunia yang memiliki empat kamera di panel belakangnya. FOTO: GIZMOCHINA

KOREA SELATAN-SUREPLUS: Samsung Galaxy A9 (2018) resmi menyandang status sebagai ponsel pertama di dunia yang memiliki empat kamera di panel belakangnya. Selain itu, perangkat ini juga memiliki sejumlah fitur menarik yang bisa membuat penggemar Samsung kepincut.

Fitur keren itu terdiri dari layarnya yang besar, prosesornya kuat, dan kapasitas baterainya yang juga besar.

Lebih spesifik, Samsung Galaxy A9 (2018) memiliki layar 6,3 inci S-AMOLED yang menghasilkan resolusi Full HD + 1080 x 2220 piksel. Desain tampilan Infinity memungkinkan layar Notch-free dari Galaxy A9 untuk memberikan rasio aspek 18.5: 9. Samsung telah menyertakan dukungan untuk Layar Selalu Aktif di A9 (2018).

Bingkai bagian atas Galaxy A9 (2018) memiliki selfie shooter 24-megapiksel dengan bukaan f/2.0. Di bagian belakangnya yang terbuat dari kaca terdapat empat kamera sejajar vertikal dengan bagian atasnya merupakan sensor ultra wide-angle 8 megapiksel dengan bukaan f/2.4 dan bidang pandang 120 derajat. Hal ini diikuti oleh lensa tele 10 megapiksel dengan bukaan f/2.4. Kameranya juga menawarkan zoom optik 2x.

Di bawahnya, atau ketiga dari atas adalah sensor utama 24 megapiksel dengan aperture f/1.7. Dan yang paling bawah merupakan Sensor 5 megapiksel dengan aperture f/2.2 yang menambahkan kedalaman ke gambar yang diambil mengikuti sensor utama. Gambar juga akan semakin tajam dan jernih lantaran Samsung memasukkan fitur Intelligent Scene Optimizer pada AI.

Untuk chipsetnya, Samsung Galaxy A9 (2018) didukung oleh Snapdragon 660. Ini sepaket dengan dua varian, yakni RAM 6GB dan 8GB. Kedua varian RAM ini sama-sama memiliki penyimpanan internal 128 GB. Juga ada slot kartu microSD untuk memperluas ruang penyimpanan.

Smartphone ini dimuat didukung Android 8.1 Oreo dan Pengalaman UX Samsung. Sementara daya baterainya sebesar 3,8000mAh. Pemindai sidik jari ada di bagian belakang telepon. Sementara Kamera depannya mendukung fitur pemindai wajah.

Perangkat milik perusahaan raksasa elektronik Korea Selatan ini akan tersedia untuk dibeli di pasar tertentu mulai awal November. Ada pun pilihan warnanya adalah gradien seperti Caviar Black, Lemonade Blue dan Bubblegum Pink.(ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas