Pentol Kemasan Saleha, Pas Untuk Sajian Camilan

Pentol kemasan Saleha mampu mendatangkan penghasilan tambahan bagi Mohamad Maksum. FOTO : SUREPLUS/AGUS HIDAYAT

BANGKALAN-SUREPLUS : Konsistensi usaha yang dijalani Mohamad Maksum (40) mendatangkan berkah tersendiri. Setelah membuka depot bakso, pria asal Lamongan ini merambah usaha lain. Usaha pentol kemasan yang dirintis dua tahun lalu mulai digemari konsumen.

Setelah membantu usaha sang paman membuka depot bakso di Sumenep, Maksum memutuskan hijrah ke Kamal, Bangkalan, Madura. Bersama sang istri, Wiwik Suryawati (36), ia kemudian membuka usaha yang sama tahun 2006 dengan nama Depot Moro Kangen.

Sepuluh tahun berlalu, Maksum kemudian tergerak untuk membuat pentol kemasan. Komposisi bahan pentol kemasan ia buat berbeda dengan pentol bakso. “Jika pentol bakso menggunakan komposisi satu kilogram daging dicampur dengan seperempat tepung, untuk pentol kemasan memakai satu kilogram daging dicampur dengan tiga perempat tepung,” ujar Maksum.

Sekali proses pembuatan menghasilkan lima kilogram pentol kemasan. Pentol-pentol itu selanjutkan dimasukkan dalam kemasan plastik bening berlabel Pentol Saleha. Masing-masing kemasan berisi 40 pentol dengan harga Rp 25 ribu. Rata-rata sekali dalam seminggu Maksum membuat pentol kemasan.

“Pembuatan pentol kemasan dikerjakan di depot. Setelah dikemas saya bawa pulang ke rumah untuk disimpan di lemari pendingan. Selain diantar ke pemesan, sisanya sebagai stok kalau ada yang ingin membeli,” terangnya kepada Sureplus.id, Rabu (10/10/2018).

Konsumen pentol kemasan buatan Maksum kebanyakan dari warga sekitar. Ada yang membeli untuk dikonsumsi sendiri sebagai camilan, ada juga yang dijual lagi.

Depot Moro Kangen yang berlokasi di Jalan Trunojoyo No. 20, Desa Banyuajuh, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, tak hanya menyajikan bakso. Menu lain yang tersedia adalah soto ayam, mie ayam, dan gado-gado.

Menu bakso tersedia lima macam. Yakni bakso tenis super hati, bakso mbelek, bakso beranak, bakso granat, serta bakso biasa. Depot Maksum bahkan seringkali menerima pesanan untuk keperluan berbagai acara. (AGUS HIDAYAT/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono