Gresik Segera Revitalisasi Pasar Hewan

Salah satu Pasar Hewan di Kecamatan Balongpanggang, Gresik yang akan direvitalisasi oleh Pemerintah melalui dana APBN 2017.FOTO:SUREPLUS/ALI ZAINI

GRESIK-SUREPLUS: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik segera merevitalisasi pasar hewan. Langkah ini diambil karena program tersebut mendapat dana dari pemerintah pusat.

Sarana dan prasarana yang akan direvitalisasi meliputi tempat pemeriksaan hewan, timbangan ternak, tempat parkir untuk bongkar muat ternak, toilet serta sarana perkantoran pasar ternak.

“Revitalisasi pasar hewan di Gresik memang mendesak. Sebab, sampai sekarang perhatian pemerintah terhadap pengelola pasar ternak sangat minim, dibanding perhatiannya kepada pasar yang lain,” kata Muslimin, Pengelolah Pasar Ternak Balongpanggang, Gresik, Senin (8/10/2018).

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (DKPP) Gresik, Choirul Anam menuturkan, pembangunan pasar ternak yang dibiayai APBN tahun Anggaran 2017 itu telah dilalui berdasarkan survei yang dilakukan oleh pihak pemberi bantuan.

“Ada syarat khusus untuk pemberian bantuan tersebut, yaitu bangunan pasar harus berdiri di tanah negara atau paling tidak status tanah tersebut merupakan Tanah Kas Desa (TKD),” ujarnya.

Ia menambahkan, untuk mempersiapkan pengelola pasar ternak dalam menghadapi tantangan ke depan. Instansinya tidak hanya mempersiapkan fisik bangunan saja. Tapi, tenaga pengelola pasar ternak (blantik) juga ditingkatkan kualitasnya.

“Kami mencontoh beberapa pasar ternak yang dikelola dengan manajemen baru yang lebih modern. Beberapa diantaranya pasar ternak yang ada di Jatim,” tambahnya.

Saat ini, pasar hewan yang ada di Gresik ada 4 lokasi masing-masing Pasar Hewan Kedungpring, Pasar Hewan Balongpanggang keduanya ada di Kecamatan Balongpanggang, Pasar Hewan Dukun dan Pasar Hewan Surowiti di Kecamatan Panceng. Untuk Pasar Hewan Surowiti Panceng seluas 5.800 m2 yang beraktifitas setiap hari.

“Sirkulasi hewan ternak di tempat ini ada sekitar 350 ekor setiap beroperasi. Baik itu hewan sapi maupun kambing,” tandas Choirul Anam. (ALI ZAINI/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas