Serunya Adu Vokal Lansia di Kota Kediri

Belasan Kelompok Paduan Suara Lansia menampilkan kebolehan mereka dalam mengolah vokal, di Ruang Joyoboyo, Balai Kota Kediri. FOTO : SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Gemar bernyanyi, memang tak hanya dimiliki oleh generasi muda. Namun di Kota Kediri, generasi zaman old atau dikenal lanjut usia, tak ingin ketinggalan mengolah vokal terbaiknya.

Menurut Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kediri, Ferry Silviana Abu Bakar, pemerintah daerah setempat berupaya mewadahi bakat semua masyarakatnya. Misalnya dengan menggelar Lomba Paduan Suara Lansia.

“Lomba ini diikuti oleh sejumlah lansia di Kota Kediri,” ujarnya.

Tujuan lomba paduan suara ini, tambah dia, juga sekaligus untuk memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke-22 yang jatuh pada 29 Mei 2018. Tahun ini, peringatan Hari Lanjut Usia mengusung tema “Lanjut Usia Sejahtera Masyarakat Bahagia”.

“Alhamdulillah, sambutan peserta sangat luar biasa. Walaupun mereka berusia lanjut, tapi suaranya tetap semangat dan berlangsung seru,” “katanya.

Dia optimitis, melalui Hari Lanjut Usia ini diharapkan para lansia bisa menerapkan perilaku sehat dan berpartisipasi aktif dalam kesejahteraan nasional. Dengan demikian, ke depan akan terbangun keluarga yang sadar kesehatan dan terwujud lansia yang sehat, aktif, dan produktif.

Secara umum, di mengucapkan, terima kasih kepada para peserta lomba yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti paduan suara ini. Ajang ini merupakan suatu wadah untuk mengekspresikan diri dalam bernyanyi.

“Uti-uti dan para kakung terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk dandan pagi-pagi untuk ikut lomba ini,” katanya.

Dia berharap, para peserta lomba yang ikut tersebut, bisa mengajarkan bernyanyi sesuai dengan ketukan lagunya. Khususnya, bila di lingkungan sekitarnya ada acara ataupun event tertentu. Misalnya bila acara yang ada di kelurahan-kelurahan pasti menyanyikan lagu Indonesia Raya agar sesuai dengan temponya.

“Nah uti kakung yang ikut lomba, selamat berlomba semoga mendapatkan hasil yang terbaik,” katanya.

Untuk lomba ini, terdapat ratusan peserta. Mereka meliputi, 18 kelompok paduan suara yang tiap kelompoknya terdiri dari 10 orang dengan 1 official. Tiap kecamatan mengirimkan 6 kelompok paduan suara. Lagu yang dinyanyikan pun sudah ditentukan oleh panitia yaitu Mars Lansia dengan judul “Masa Tua Bahagia” dan lagu “Kediri Kuthane”.

Turut hadir dalam acara ini Ketua TPP Kelurahan se-Kota Kediri. Lomba dimulai dengan penampilan kelompok paduan suara dari Tempurejo, Kampung Dalem, dan Ngadirejo. (AYU CITRA SR/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono