Pemkot Kediri Menobatkan Panji-Galuh Tahun 2018

Wakil Wali Kota Kediri, Lilik Muhibbah (tengah) didampingi pasangan Duta Wisata Kota Kediri, Panji-Galuh Tahun 2018, Panji Faizal Cesar Wahyudianto dan Galuh Ima Fitananda. FOTO : SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS : Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri menobatkan duta wisata setempat Panji (pria, red) dan Galuh (wanita, red) angkatan tahun 2018.

Agenda ini digelar pada malam Grand Final pemilihan Duta Wisata Panji Galuh Kota Kediri, yang rutin diadakan tiap 2 tahunan tersebut. Upaya ini diwujudkan, dalam rangka mencari dan memilih generasi muda yang akan mempromosikan pariwisata Kota Kediri.

“Duta Wisata Panji Galuh Kota Kediri adalah harapan Kota Kediri di bidang publikasi,” kata Wakil Wali Kota Kediri, Lilik Muhibbah, saat menghadiri malam Grand Final Panji-Galuh Tahun 2018, di GOR Jayabaya Kediri, Sabtu malam (15/9/2018).

Lilik berpesan, agar para finalis Panji Galuh Kota Kediri tahun 2018 maupun Ikatan Panji Galuh (Ikapalu) untuk selalu bersinergi mempublikasikan potensi pariwisata Kota Kediri. Terlebih lagi, pada event tersebut diikuti generasi muda yang berpotensi dan bisa mengenalkan keunggulan wisata Kota Tahu ke masyarakat luas.

Di lokasi ini, ada 10 pasang finalis Panji Galuh yang telah melalui seleksi ketat oleh Pemerintah Kota Kediri. Khususnya melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri.

Sementara pada malam Grand Final ini terdapat beberapa tahap, yang pertama adalah diberikannya kesempatan para finalis untuk menjawab pertanyaan yang diberikan. Dari jawaban mereka, juri memutuskan siapa saja finalis Panji dan finalis Galuh yang berhak menjadi Top 5 Finalis Panji Galuh 2018. Hasilnya adalah Panji nomor 5 Fikri, Galuh nomor 4 Della, Panji nomor 7 Ari, Galuh nomor 6 Okky, Panji nomor 9 Gohan, Galuh nomor 8 Ima, Panji nomor 11 Faizal, Galuh nomor 12 Ardhana, Panji nomor 13 Denta dan Galuh nomor 18 Moya.

Selanjutnya, Top 5 Panji Galuh 2018 kembali mendapatkan pertanyaan yang harus mereka jawab untuk meyakinkan para juri bahwa merekalah yang terbaik.

Hasil dari Grand Final Panji Galuh 2018 ini, akhirnya disebutkan nama pasangan yang berhak menyandang status sebagai Duta Wisata Panji Galuh Kota Kediri tahun 2018, yaitu Panji Faizal Cesar Wahyudianto dan Galuh Ima Fitananda.

Lalu untuk Wakil 1 Panji Galuh 2018 disandang oleh pasangan Panji Ari Sulistya dan Galuh Ardhana Reswari. Untuk Wakil 2 Panji Galuh 2018 disandang oleh pasangan Panji Okta Muhammad Fikri dan Galuh Della Romadona.

Saat ditemui usai menerima penghargaan sebagai Duta Wisata Panji Galuh 2018, Panji Faizal dan Galuh Ima, mengaku, merasa senang bisa menjadi Duta Wisata Kota Kediri.

Keduanya berharap, bisa mempromosikan pariwisata dan kebudayaan Kota Kediri dengan lebih semangat lagi. Di lokasi ini pula, mereka juga menghaturkan ucapan terima kasih untuk IKAPALU Kota Kediri, orang tua, teman, dan seluruh masyarakat Kota Kediri yang telah mendukung perjuangan keduanya. (AYU CITRA SR/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono