GPN Dorong Pertumbuhan Jumlah UMKM Kota Kediri

Wakil Wali Kota Kediri, Lilik Muhibbah, menyampaikan apresiasi besar terhadap Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Halaman Bank Indonesia Kediri, karena akan mendorong pertumbuhan UMKM di Kota Kediri, Minggu (16/9/2018). FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS : Wakil Wali Kota Kediri, Lilik Muhibbah meyakini, Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) bakal mendorong pertumbuhan jumlah UMKM di Kota Kediri.

Ungkapan ini diungkapkan Wakil Walikota Kediri, Lilik Muhibbah, saat menghadiri Kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang bertemakan “GPN Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional” berlangsung di Halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri, Minggu (16/9/2018). Acara ini diisi dengan kegiatan jalan santai yang diikuti Pimpinan Perbankan se Eks Karesidenan Kediri – Madiun dan karyawan Perbankan Kota Kediri serta penukaran kartu berlogo GPN.

Kampanye GPN ini akan dilanjutkan dengan pekan penukaran kartu pada tanggal 17 sampai dengan 21 September 2018. Melalui kegiatan ini, masyarakat memperoleh kesempatan untuk menukarkan kartu ATM/Debet bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN.

“Sesuai data dari Bank Indonesia, dengan Kampanye GPN ini akan menurunkan merchant discount rate (mdr) yang biasanya 2-3 persen menjadi 1 persen. Hal ini adalah kabar baik untuk UMKM karena dapat lebih mendorong perkembangan UMKM di Kota Kediri,” kata Lilik Muhibbah, di Halaman Kantor BI Kediri, Minggu (16/9/2018).

Lebih lanjut, Ning Lik sapaan akrab Wakil Walikota Kediri, juga menuturkan, bahwa tahun 2018 ini Pemerintah Kota Kediri sudah menggunakan sistem non tunai. Dengan berbagai kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan GPN ini, akan memudahkab masyarakat lebih memilih transaksi non tunai.

“Saya mengapresiasi sekali dengan adanya GPN ini, karena satu kartu bisa digunakan untuk transaksi apapun,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri, Djoko Raharto, mengatakan, sesuai dengan tema kampanye “GPN Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional” dengan menggunakan kartu berlogo GPN diharapkan masyarakat mendapatkan kemudahan untuk melakukan transaksi pembayaran pada seluruh kanal pembayaran (EDC) yang tersedia. Langkah ini akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

“Kami percaya dengan GPN keamanan data lebih terjaga, karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik (ATM Bersama, Prima, Alto, dan Link). Bahkan masyarakat juga dapat menikmati biaya administrasi yang lebih murah, karena seluruh pemrosesan dilakukan di domestik dan bank tidak dikenakan biaya lisensi logo,” kata Djoko.

Perlu diketahui, pada acara ini juga dilakukan pelepasan balon oleh Kepala KPWBI Kediri dan Wakil Walikota Kediri beserta perwakilan Forkopimda dan dilanjutkan dengan hiburan menarik paduan suara BMPD. Turut hadir dalam acara tersebut Dan Brigif 16/WY Kolonel Inf Slamet Riyadi, dan Pimpinan Perbankan Wilayah Kediri dan Madiun. (AYU CITRA SR/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono