Terpilih Secara Aklamasi, Tugas Berat Menanti Imam Sudjarwo di PP PBVSI

Ketua Umum PP PBVSI Terpilih Imam Sudjarwo saat memberikan sambutan di Musyawarah Nasional PP PBVSI di Hotel Novotel Samator, Surabaya, Sabtu (15/9/2018). FOTO: SUREPLUS

SURABAYA-SUREPLUS: Pengurus Pusat (PP) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) telah menetapkan Imam Sudjarwo sebagai ketua umum periode 2018-2022. Imam terpilih secara aklamasi dalam musyawarah nasional PP PBVSI yang diselenggarakan di Surabaya, Sabtu (15/9/2018) sore.

Membawa tim nasional bola voli berjaya di SEA Games 2019 Filipina menjadi tugas pertama yang menantinya. Imam sendiri mengakui, agar sukses di even perdananya sebagai Ketua Umum PP PBVSI, dia segera mempersiapkan kepengurusannya.

“Tentu kita punya target di voli indoor maupun pantai. Sehingga kita persiapkan mulai hari ini. Ini sangat penting supaya prestasi yang kita inginkan tercapai” ujar Imam.

Di kepengurusannya kali ini, Imam mengatakan bahwa PP PBVSI menargetkan voli pantai putra maupun putri meraih medali emas di SEA Games 2019. Sedangkan target yang sama dicanangkan untuk voli indoor putra. Sementara itu untuk voli indoor putri Imam menargetkan medali perak.

Target tersebut dinilai Imam sangat realistis. Sebab, pada Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang yang baru saja berakhir, tim bola voli indoor putra berhasil mengalahkan Thailand yang menjadi musuh terberat di SEA Games mendatang. Sedangkan tim putri voli indoor kalah di Asian Games. Pertemuan tersebut akan menjadi acuan dalam menentukan target SEA Games 2019 di Filipina mendatang.

“Putri perak, syukur nanti putri emas karena saingan kita terberat Thailand. Thailand mengalahkan kita di Asian Games kemarin. Untuk putra mudah-mudahan di SEA Games dapat emas, karena di sektor putra kita menang atas Thailand di Asian Games. Kemenangan inj membuat kita optimistis dapat emas karena Thailand menjadi pesaing terberat kita di SEA Games,” bebernya.

Guna merealisasikan target tersebut, Imam mengungkapkan pihaknya bakal mengevaluasi penampilan tim voli pantai maupun indoor di Asian Games lalu. Evaluasi ini dilakukan setelah terbentuknya kepengurusan. Dan itu langsung menjadi program pertamanya. “Ada evaluasi, baik itu pemain maupun pelatih,” urainya.

Masih menurut Imam, hasil musyawarah nasional menyepakati di SEA Games nanti PP PBVSI mencari pelatih luar negeri untuk bola voli indoor. Dia merinci, untuk tim nasional bola voli putri PP PBVSI membidik pelatih asal Thiongkok, dan tim nasional putra masih digodok lagi dan belum ditentukan dari negara mana. “Putra masih cari, kami akan datangkan yang terbaik agar target itu terpenuhi,” tandasnya. (ZAL)   

Editor: Fahrizal Arnas