Dukung WCD 2018, Pertamina Ajak Masyarakat Bersihkan Pantai

Peserta gerakan World Clean Up Day 2018 yang terdiri dari para karyawan Pertamina dan masyarakat Karimun Jawa. FOTO : DOK PERTAMINA

KARIMUNJAWA-SUREPLUS : Bersama masyarakat Karimun Jawa dan HDI Foundation, PT Pertamina (Persero) MOR IV area Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar aksi membersihkan Pantai Nyampung Ragas, Karimunjawa, Sabtu (15/9/2018).

Sebagai tempat wisata, pantai ini kerap berhadapan dengan masalah sampah yang dibawa gelombang tinggi. Akibatnya, sampah terus menumpuk, khususnya di saat liburan.

Sementara kegiatan ini sendiri digelar sebagai bentuk kepedulian lingkungan, sekaligus mendukung gerakan global World Clean Up Day (WCD) 2018.

WCD adalah gerakan dunia yang muncul karena keprihatinan atas kondisi bumi. Gerakan ini melibatkan volunteer, baik perorangan atau lembaga. Selama ini WCD biasanya dilakukan dalam bentuk membersihkan pantai, taman, sekolah, dan masih banyak lagi.

General Manager Pertamina MOR IV Yanuar Budi Hartanto menjelaskan, gerakan yang bertujuan untuk bersih-bersih planet dari sampah ini serentak dilakukan di 150 negara dengan melibatkan sekitar 10 persen atau lebih dari 350 juta penduduk dunia.

“Dengan keterlibatan ini, kami berharap dapat meningkatkan engagement antar pekerja dan menumbuhkan rasa tanggung jawab sosial di setiap individu,” ungkap Yanuar.

WCD di Karimun Jawa, Pertamina tidak hanya mengajak warga dan pemerintah daerah, tapi juga pekerja muda sebagai bentuk employee volunterism di lingkungan Pertamina MOR IV. (PRS/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono