Bukit Surowiti Dikonsep Jadi Wisata Religi

Pemkab Gresik akan mengkonsep wisata religi baru di Desa Surowiti karena miliki sejarah terutama sebagai tempat syiar agama islam. FOTO: SUREPLUS/ALI ZAINI

GRESIK-SUREPLUS: Bukit Surowiti yang berada di Desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Gresik dikonsep menjadi wisata religi. Hal tersebut dilakukan karena bukit itu memiliki sejarah panjang, dan pernah ditempati Waliyullah Sunan Kalijaga.

Wakil Bupati (Wabup) Gresik, M.Qosim menuturkan, pemkab akan mengkonsep wisata religi baru di Desa Surowiti karena miliki sejarah terutama sebagai tempat syiar agama islam.

“Kami minta masyarakat melestarikan budaya lokal termasuk diantaranya meningkatkan sarana dan prasarana sebagai pendukung lainnya,” tuturnya, Rabu (12/09/2018).

Sarana dan prasarana yang akan dibangun diantaranya membuat tempat parkir khusus bus yang saat ini sudah proses, membuat museum sejarah Wisata Bukit Surowiti (WBS), serta menyediakan stand pedagang kaki lima (PKL) dan lainnya.

“Harapan Pemkab Gresik wisata bukit surowiti (WBS) menjadi salah satu daerah tujuan wisata religi bagi seluruh masyarakat muslim terutama di Indonesia,” ujar M.Qosim.

Ia menambahkan, Pemkab Gresik terus mendukung kemajuan setiap tempat wisata religi yang ada di Gresik, dengan langkah konkrit yang akan dilakukan.

“Kami minta agar pihak desa mengajukan desain terkait pembangunan pariwisata di lokasi WBS ini. Kira-kira yang diprioritaskan apa, nanti akan diajukan ke Pemkab Gresik, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Gresik yang akan membantu untuk menganggarkan,” tambahnya.

Kepala Desa (Kades) Surowiti, Kecamatan Panceng, Gresik, M. Kholidul Iman menuturkan, WBS sudah mulai ada perubahan, yang dulunya masih belum begitu terawat dan kurang diperhatikan, sekarang menjadi lebih baik.

“Kami sudah komitmen untuk memajukan wisata bukit surowiti (WBS) ini. Target yang saat ini sedang kami lakukan terkait penyelesaian perizinan dari Pemkab Gresik,” tandasnya. (ALI ZAINI/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas