Ratusan Masyarakat Jelajahi Pesona Kediri dengan Sepeda Onthel

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar (tengah) tampak membaur bersama masyarakat, dalam kemeriahan acara “Bareng-Bareng Naik Sepeda Onthel Nasional 2018”, di GOR Jayabaya Kota Kediri, Minggu (9/9/2018). FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Kota Kediri kerapkali dikenal sebagai Kota Tahu. Hal ini lantaran ada banyak produsen tahu kuning atau disebut tahu takwa, yang menjajakan dagangannya di kawasan ini sejak puluhan tahun silam hingga sekarang.

Khususnya yang seringkali ditemui di Jalan Yos Sudarso hingga Jalan Pattimura Kota Kediri. Dua wilayah ini dikenal publik sebagai sentra penjualan tahu takwa, dengan dominasi penjual adalah masyarakat keturunan Tionghoa.

Dengan pesona inilah, Kediri sebagai Kota Tahu selalu menjadi rujukan banyak penggemar panganan berbahan baku kedelai. Termasuk halnya, para pecinta sepeda onthel dari berbagai daerah, yang mengayuhkan sepeda favoritnya di Kota Kediri, Minggu (9/9/2018).

Para penggemar sepeda tua dari berbagai daerah ini, tampak berkumpul di GOR Jayabaya, Kota Kediri. Kedatangan mereka juga sekaligus memeriahkan acara “Bareng-Bareng Naik Sepeda Onthel Nasional 2018”.

Pada agenda yang dihadiri Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, terlihat memberangkatkan peserta ngonthel bareng. Yang mana, para peserta menempuh jarak sejauh 17 kilometer.

Menurut Abdullah, kegiatan seperti ini patut diapresiasi. Apalagi event tersebut sangat baik sebagai alat sosialisasi dan mengkampanyekan gemar bersepeda kepada masyarakat luas.

“Terima kasih kepada semua yang ikut dalam kegiatan ini karena dapat mengedukasi masyarakat untuk gemar bersepeda,” ujar Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, di GOR Jayabaya Kota Kediri, Minggu (9/9/2018).

Orang nomor satu di Kota Kediri ini mengatakan, saat ini di Kota Kediri semakin banyak komunitas sepeda. Bahkan, Pemkot Kediri pun telah menunjukkan dukungan kepada para penggemar sepeda di Kota Tahu. Salah satunya, dengan membuat jalur sepeda.

“Alhamdulillah di Kota Kediri semakin banyak komunitas sepeda. Dan kami juga buatkan jalur sepeda meskipun belum banyak,” katanya.

Pada kesempatan ini, dia berpesan, agar sepeda onthel yang dimiliki tidak dijual ke luar negeri. Hal ini karena banyak orang luar negeri yang mulai mencari sepeda onthel di Indonesia.

Dalam kegiatan ini hadir Komandan Brigif 16/Wira Yudha, Kolonel (Inf) Slamet Riyadi, dan Ketua KNPI Kota Kediri Reza Darmawan. (AYU CITRA SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas