Jack Ma Mundur Per September 2019, Chairman Alibaba Diberikan ke Daniel Zhang

Daniel Zhang. FOTO: BLOOMBERG

CHINA-SUREPLUS: Mantan guru bahasa Inggris yang membantu mendirikan Alibaba Group Holding Ltd dua dekade lalu, Jack Ma mengutarakan rencananya untuk menyerahkan peran Chairman Executif kepada Daniel Zhang, seorang veteran keuangan yang memimpin ekspansi ambisius dan memenangkan investor dalam tiga tahun sebagai chief executive officer (CEO).

Ma akan secara resmi menyerahkan tongkat estafet itu terhitung 12 bulan ke depan, atau tepat pada ulang tahunnya yang ke-55, meski namanya tetap terpampang sampai 2020.

Pria berkebangsaan China ini menyatakan, saat ini ingin fokus pada filantropi dan pendidikan, tetapi juga mengejar “mimpi-mimpi baru” yang belum ditentukan.

Seperti diketahui, orang terkaya di China yang sudah identik dengan Alibaba ini mengubah perusahaan yang dimulai di apartemennya di Hangzhou menjadi raksasa e-commerce global dengan komputasi awan dan bisnis pengiriman paket yang kini menjadi perusahaan raksasa.

Pengganti Ma yang berusia 46 tahun telah mendorong Alibaba lebih dalam ke dompet konsumen China. Daniel juga berhasil membangun “Ritel Baru” yang bervisi dengan biaya miliaran dolar. Upayanya ini membawa Alibaba dari sekadar bisnis e-commerce menjadi perusahaan yang memiliki toko-toko fisik.

“Memulai proses meneruskan obor Alibaba kepada Daniel dan timnya adalah keputusan yang tepat pada saat yang tepat, karena saya tahu dari bekerja dengan mereka bahwa mereka siap,” kata Ma dalam pernyataannya. “Sejak dia mengambil alih sebagai CEO, dia telah menunjukkan bakatnya yang luar biasa, ketajaman bisnis dan kepemimpinan yang jelas arahnya,” tambah Ma.

Rencana suksesi ini akan menyatukan dua peran terbesar Alibaba untuk pertama kalinya sejak Ma menyerahkan jabatan CEO-nya pada tahun 2013 untuk fokus menjadi chairman executif.(BLOOMBERG/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas