Berkat DEX Terbaru, Galaxy Note 9 Bisa Berubah Menjadi PC

KOREA SELATAN-SUREPLUS: Samsung Galaxy Note 9 disebut-sebut sebagai smartphone terbaik saat ini. Pasalnya, perangkat tersebut bisa diubah menjadi PC berkat fitur yang disebut DEX.

Tidak seperti pendahulunya, smartphone unggulan ini merupakan perangkat pertama dan satu-satunya yang dapat berubah menjadi PC tanpa bantuan tambahan docking khusus. Hal ini dapat dilakukan berkat adaptor USB-C ke HDMI sederhana.

Berkat adaptor ini, phablet dapat dihubungkan ke TV dan membuat antarmuka pengguna Samsung Experience berubah menjadi desktop, ponsel pun berubah menjadi komputer pribadi.

Setelah menghubungkan Samsung Galaxy Note 9 ke TV atau monitor eksternal, pengguna dapat menghubungkan mouse nirkabel atau keyboard untuk melengkapi perangkat. Adaptor baru ini mendukung monitor dengan resolusi hingga UHD dengan refresh rate 60 Hz. Standar yang didukung adalah HDMI 2.0 dan DisplayPort 1.2.

Samsung Galaxy Note 9 sendiri diluncurkan sebagai salah satu ponsel Android paling mahal yang pernah ada, meski saat ini harganya sudah turun dibanding awal diluncurkan. Maklum, smartphone ini menawarkan desain kaca + logam dengan sertifikasi IP68 dan layar 6,4 inci dengan resolusi Quad HD + 1440 x 2960 piksel.

Belum termasuk S Pen S baru dengan konektivitas Bluetooth yang dapat mengontrol telepon dari jarak jauh dan melakukan tindakan yang menarik seperti memotret.

Samsung Galaxy Note 9 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 845 octa-core dalam versi AS dan octa-core Samsung Exynos 9810 di Eropa, dipasangkan dengan RAM 6 atau 8 GB dan penyimpanan 128 atau 512 GB.

Di sektor kameranya, Perangkat ini memiliki kamera ganda dengan resolusi 12 MP dan aperture variabel (f/1.5 dan f/2.4) di bagian belakang. (GIZMOCHINA/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas