Indahnya Susuri Sungai Bengawan Solo dengan Kapal Pesiar

Wisata Sungai Bengawan Solo Randu Boto patut dikunjungi. FOTO: SUREPLUS/ALI ZAINI

GRESIK-SUREPLUS: Wisata di Kabupaten Gresik terus bermunculan. Kali ini ada wisata Sungai Bengawan Solo tepatnya di Desa Randu Boto, Kecamatan Sidayu, Gresik

Tempat wisata baru tersebut patut dikunjungi. Pasalnya, wisatawan diajak berkeliling menyusuri sungai terpanjang di Pulau Jawa itu dengan menggunakan kapal pesiar mini.

Kepala Desa (Kades) Randu Boto Andi Sulandra menuturkan, wisata yang digagas ini sudah diperkenalkan ke warga. Tujuan adanya wisata tersebut mengajak masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungan. Khususnya, di bantaran Sungai Bengawan Solo yang saat ini dijadikan obyek wisata baru.

“Karena tagline-nya save our Bengawan Solo. Warga yang menikmati obyek wisata dengan kapal pesiar cukup membayar Rp 10 ribu per kepala dan plus ada TV guide yang menjelaskan bagaimana menjaga kebersihan di sungai,” ujarnya, Jumat (7/09/2018).

Masih menurut Andi, alasan dirinya menggunakan kapal pesiar karena dipakai sebagai media kampanye guna menjelaskan bagaimana menjaga kebersihan Sungai Bengawan Solo.

“Ini sesuatu yang kreatif yang digagas juga oleh warga Desa Randu Boto. Sebab, selama ini Sungai Bengawan Solo belum dijadikan obyek wisata. Ditambah view-nya cukup indah seperti di Eropa yang menjadikan wisata sungai sebagai prioritasnya,” paparnya.

Menanggapi hal ini Wabup Gresik, Dr. H. Moh Qosim, M.Si menyatakan keberadaan wisata baru ini bisa dijadikan ikon wisata di Kabupaten Gresik.

“Kalau bisa bisa ditambah jogging track dan kuliner bagi wisatawan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini banyaknya desa wisata di Gresik disambut apresiasi oleh pemkab. “Pemkab Gresik memberi suppport, melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Dishub Gresik. nanti akan dikembangkan apalagi ada kapal pesiarnya,” tambahnya. (ALI ZAINI/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas