Huawei Tegaskan Tidak Memiliki Rencana Membuat OS Sendiri Saat Ini

Presiden Departemen Teknik Perangkat Lunak Bisnis Konsumen Huawei, Dr Wang Chenglu membantah Huawei mengembangkan sistem operasi (OS) selulernya sendiri. FOTO: GIMOCHINA

SURABAYA-SUREPLUS: Beberapa waktu lalu salah satu petinggi Huawei menyebutkan perusahaannya akan mengembangkan sistem operasi (OS) selulernya sendiri. Hal ini berkaitan dengan sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) kepada vendor asal China tersebut.

Namun kabar tersebut secara resmi dibantah oleh Presiden Departemen Teknik Perangkat Lunak Bisnis Konsumen Huawei, Dr Wang Chenglu. Pakar perangkat lunak ini menyatakan, banyak alasan yang membuat perusahaan tidak mengembangkan OS sendiri.

Menurutnya, saat ini sudah banyak sistem operasi open source, dan dengan membuat ulang sistem operasi berdasarkan sistem operasi open source yang sudah ada merupakan sesuatu yang mudah. Namun kesulitannya adalah bahwa sistem operasi membutuhkan sebuah rantai industri yang lengkap.

“Tantangan terbesar dari sistem operasi itu sendiri bukanlah teknologi, karena tidak sulit secara teknis menjadi sistem operasi yang runnable. Masalah utama terletak pada pengembangan ekosistem aplikasi yang didukung dan akan kompatibel dengan sistem operasi buatan kita,”ujar Wang.

Ekosistem yang dimaksud adalah sebuah rantai industri yang lengkap, sebut saja chip, produsen perangkat, pengembang aplikasi, operator dan pengguna yang bersedia bersama-sama mendukung perusahaan ini, dan itu yang belum tersedia.

Wang sendiri menyadari, bahwa Android dan iOS memiliki perkembangan ekosistem yang sangat padat, bahkan terus bertambah besar. Membangun ekosistem yang solid melibatkan mitra yang akan bersedia mengembangkan aplikasi gratis dan berbayar yang akan kompatibel dengan OS buatan mereka tidaklah mudah.

Terlepas dari rintangan tersebut, alasan lain Huawei tidak memiliki rencana membangun OS-sendiri karena memiliki hubungan kerja yang baik dengan Google dan mitra domestik lainnya. (GIZMOCHINA/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas