Bidik Wisatawan Lokal, Kemenpar Promosikan Danau Toba di Yogyakarta

Danau Toba yang berada di kaldera gunung berapi super, jadi salah satu destinasi wisata andalan Indonesia di Sumatera Utara. FOTO : ISTIMEWA

YOGYAKARTA-SUREPLUS : Selain menggelar rangkaian promosi di luar negeri, Kementrian Pariwisata juga menggelar Misi Penjualan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba di dalam negeri. Di antaranya di Yogyakarta, 7-9 September 2018.

Dikatakan Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Masruroh, program ini diikuti tak kurang dari 25 seller industri gabungan dari ASITA dan PHRI Sumatera Utara. Dalam kesempatan ini, para seller akan menawarkan Destinasi Toba dihadapan 71 buyer industri dari Yogyakarta.

“Danau Toba sebagai destinasi prioritas akan terus kami promosikan sebagai destinasi pariwisata yang siap menyambut wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus),” jelas Masruroh, Kamis (6/9/2018).

Rencananya pogram ini dibagi menjadi dua. Masing-masing di Hartono Mall dan Hotel Marriott Yogyakarta. Opening ceremony aktivitas promosi ini akan diadakan di Ground Floor Hartono Mall, hari ini (7/9/2018), mulai pukul 12.30 hingga 15.00 WIB. Dilanjutkan table top atau misi penjualan di Hotel Marriott Yogyakarta.

Mewarnai kegiatan ini, digelar pula lomba mewarnai untuk anak- anak dan cooking class menu khas Sumatera Utara. “Kita juga siap seminar dan talkshow di salah satu TV lokal Yogyakarta. Selain itu kita juga hadirkan artis nasional yang berasal dari Sumatera Utara, Sammy Simorangkir yang akan mengisi acara pada hari Minggu 9 September 2018,” kata Masruroh, seperti ditulis dalam siaran persnya.

Kehadiran Sammy nantinya sekaligus menadai puncak acara di ground floor Hartono Mall Yogyakarta. Untuk mempercantik acara ini akan disajikan juga paviliun apik khas Tanah Batak. Yakni rumah tradisional Toba, Sigale-gale, lengkap dengan kain songketnya. Alunan alat musik khas Sumatera Utara, seperti Gondang Sembilan, juga siap disajikan di sana.

Menanggapi kegiatan promosi ini, Kepala Bidang Pemasaran Area I di Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Alfin Merancia mengatakan, dipilihnya Yogyakarta tentu bukan tanpa alasan.

“Pamor Yogyakarta sebagai kota seni budaya telah mendunia. Yogyakarta merupakan salah satu destinasi utama wisman. Menjadikannya salah satu pintu utama wisman ke Indonesia. Selain itu sudah ada penerbangan langsung Yogyakarta-Medan. Sehingga wisatawan dari Yogyakarta semakin mudah mengunjungi Danau Toba,” jelasnya.

Danau Toba, sebagai aset wisata nasional, dinilai telah memiliki citra mendunia. Salah satunya imaji Danau Toba sebagai salah satu danau vulkanik terluas di dunia. Memiliki panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer, danau ini terbentuk karena letusan super volcano sekitar 73 ribu hingga 75 ribu tahun lalu. (PRS/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono