Manjakan Pengunjung, Perhutani Siapkan Cafe di Wana Wisata Putuk Truno

Air Terjun Putuk Truno
Melengkapi fasilitas wisata yang sudah ada, Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur kini menyiapkan Forest Truno Cafe di Wana Wisata Air Terjun Putuk Truno. FOTO : ISTIMEWA

PASURUAN-SUREPLUS: Melengkapi komitmen Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur untuk menyempurnakan aset wisatanya, Wana Wisata Air Terjun Putuk Truno, Prigen Pasuruan, mulai dilengkapi dengan Forest Truno Cafe.

“Proses pembangunan baru dimulai. Untuk hal ini kami bekerjasama dengan pihak ketiga, dalam hal ini Ledug Garenia,” aku General Manager KBM Ecotourism Perhutani Jawa Timur Berthus Sudarmeidi, saat dihubungi Sureplus.id, Kamis (6/9/2018).

Penambahan fasilitas ini sekaligus untuk mendukung Air Terjun Putuk Truno sebagai destinasi wisata pilihan keluarga.

“Jadi, selain menikmati pesona wana wisata, pengunjung juga bisa menikmati sajian kuliner yang disediakan,” tambahnya.

Forest Truno Cafe sendiri disiapkan dengan konsep tempat makan yang menyediakan kuliner khas Jawa Timur. Tempat didesain dengan cantik dan nyaman. Saat ini, kata Berthus, proses pembangunan cafe ini sudah berjalan sekitar 60 persen.

Jika pengerjaan selesai, cafe ini diharap mampu menambah pendapatan dari pengelolaan wana wisata aset KBM Ecotourism Perhutani Jatim.

Hingga saat ini, KBM Ecotourism Perhutani Jatim sudah mengelola tiga set wana wisata. Masing-masing berada di Tretes, Pasuruan, dan Jember.

“Keterbatasan dalam investasi bukan menjadi kendala dalam memajukan wana wisata yang kami kelola. Karena kami percaya, ada banyak cara yang bisa dikembangkan. Di antaranya lewat kemitraan dan pemberdayaan masyarakat,” jelas Berthus.

Adanya cafe ini, lanjutnya, sekaligus membuktikan jika KBM Ecotourism Perhutani Jatim tidak pernah berhenti dalam berinovasi. “Kami juga ingin merangkul para perajin lokal agar bisa menggunakan area wana wisata kami sebagai ruang display. Ini selaras dengan komitmen kami untuk turut mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) Jawa Timur,” tambahnya. (HDL)

Editor: Hendro D. Laksono