Lewat Seminar Kemaritiman, Pelindo III Tunjukkan Wajah BUMN Lebih Fun

Corporate Secretary Pelindo III memberikan materi di acara Pelindo III Goes to Campus Trisakti. FOTO: PELINDO III

JAKARTA-SUREPLUS: Di era disrupsi seperti saat ini, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) berupaya menunjukkan pada generasi milenials tentang wajah BUMN ini yang lebih fun, tidak selalu birokratis seperti kebanyakan instansi milik pemerintah.

Dengan menggandeng Universitas Trisakti acara yang dikemas dengan metode seminar bertajuk Pelindo III Goes to Campus (P3GTC) Kamis (6/9/2018) diharapkan mengubah mindset generasi muda tentang BUMN khususnya kepelabuhanan.

Melalui kegiatan bertemakan menghadapi era disrupsi dengan digitalisasi teknologi, diversifikasi bisnis dan transformasi organisasi ini, Pelindo III mengenalkan sistem digitalisasi teknologi yang digunakan perusahaan plat merah ini dalam menjalankan bisnisnya.

Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat menyebutkan, salah satu inovasi yang dilakukan Pelindo III dalam menjawab perubahan zaman kaitannya dengan penerapan tiga hal tersebut (digitalisasi teknologi, diversifikasi bisnis dan transformasi organisasi) adalah penyediaan aplikasi Home Terminal System yang berfungsi untuk mempercepat dan mempermudah proses pemesanan layanan jasa kepelabuhanan, sehingga pengguna jasa dapat memesan berbagai layanan cukup melalui aplikasi di smartphone.

“Aplikasi ini dihadirkan sebagai nilai tambah layanan Pelindo III yang manfaatnya bisa langsung dirasakan. Selain sebagai media marketing dan informasi ke pelanggan serta marketplace, sekaligus menjadi implementasi model pemasaran yang mengutamakan kebutuhan pelanggan/customer-based,” tutur Faruq, Kamis (6/9/2018).

Lewat upaya ini, Faruq berharap agar mahasiswa Trisaksi dapat bergabung dengan Pelindo III kedepannya untuk lebih mengembangkan pelabuhan-pelabuhan di Indonesia. Tujuannya supaya pelabuhan di Indonesia mampu bersaing dengan pelabuhan negara tetangga seperti Singapura dan Shanghai yang merupakan salah satu pelabuhan tersibuk di dunia.

Pada kegiatan seminar tersebut diisi oleh tiga narasumber dari Pelindo III Group yaitu Corporate Secretary Pelindo III Faruq Hidayat, Direktur Utama BJTI Port Hot Rudolf Marihot dan Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong Dothy.(AKBAR INSANI/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas