Job Fair 2018 Kota Kediri Membuka Ribuan Lowongan Pekerjaan

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar (baju putih, kiri) memantau animo pencari kerja di salah satu stan penyedia kerja dari perusahaan logistik, JNE di Job Fair Tahun 2018, di Balai Kota Kediri, Rabu (05/09/2018). FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Job Fair atau Bursa Kerja Kota Kediri tahun 2018 membuka ribuan lowongan pekerjaan bagi warga masyarakat Kota Tahu dan sekitarnya. Agenda yang dibuka langsung oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar ini dilaksanakan selama dua hari mulai tanggal 5-6 September 2018. Program ini sekaligus digelar dalam rangka Hari Jadi Kota Kediri ke-1.139.

“Alhamdulillah, acara yang diadakan pukul 08.00-15.00 WIB dibanjiri oleh banyak pencari kerja. Mereka menyerbu berbagai stan perusahaan dari beragam sektor usaha,” kata Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat membuka Job Fair 2018, di Balai Kota Kediri, Rabu (05/09/2018).

Secara umum, bursa kerja yang rutin digelar oleh Pemerintah Kota Kediri ini untuk mempertemukan perusahaan dengan masyarakat sebagai pencari kerja. Dengan begitu, ke depan dapat menekan angka pengangguran yang ada di Kota Kediri. “Kami yakin agenda ini dapat mengentaskan pengangguran terbuka yang ada di Kota Kediri,” katanya.

Apalagi, tambah ia, Kota Kediri merupakan salah satu daerah yang bisa menurunkan angka penggangguran kurang lebih sebesar 50 persen. Tepatnya, yang pada awalnya angka pengangguran ini sebesar 8,46 persen, maka sekarang turun menjadi 4,68 persen.

“Tentu kami Pemerintah Kota Kediri akan terus berupaya dan mengevaluasi terus untuk selalu menggelar job fair, sehingga mendekatkan pekerjaan ini kepada para pencari kerja,” katanya.

Pada job fair ini, lanjut dia, terdapat 62 perusahaan baik dari Kota Kediri maupun luar Kota Kediri dengan spesifikasi dari perbankan, ritel, manufaktur, kesehatan, pertanian, dan edukasi. Ada lebih dari 1.000 lowongan pekerjaan ditujukan untuk pencari kerja mulai lulusan SMA sederajat sampai dengan S1.

Pada bursa kerja ini, masyarakat sama sekali tidak dipungut biaya. Bahkan, ada sebanyak 3.642 tenaga kerja yang dibutuhkan.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Kediri, Lilik Muhibbah, Sekretaris Daerah Kota Kediri, Budwi Sunu HS, Asisten Administrasi Umum Pemkot Kediri, Maria Karangora, dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, dan Kepala Kantor Kecamatan yang ada di Kota Kediri. (AYU CITRA SR/AZT)

Editor: Aziz Tri P