Banyuwangi Job Market Fair 2018 Resmi Dibuka

Banyuwangi Job Market Fair 2018
Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas resmi membuka Banyuwangi Job Market Fair 2018, Kamis (06/09/2018). Job Fair digelar hingga Sabtu (08/09/2018) dan ada sekitar 2.381 lowongan pekerjaan dari berbagai bidang yang ditawarkan. FOTO: SUREPLUS/HENDRO SUCIPTO

BANYUWANGI-SUREPLUS: Banyuwangi Job Market Fair 2018 resmi dibuka oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis (06/09/2018). Job fair ini digelar selama tiga hari, hingga Sabtu (08/09/2018). Terdapat sekitar 2.381 lowongan pekerjaan dari berbagai bidang yang ditawarkan.

“Event ini rutin digelar setiap tahun oleh pemerintah daerah. Selain untuk mengurangi jumlah pengangguran terbuka, harapan kami perusahaan di Banyuwangi bisa diisi oleh putra putri terbaik daerah. Tentunya yang sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan,” kata Bupati Anas.

Lebih lanjut Anas mengatakan, job fair ini menjadi salah satu cara daerah untuk mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga terampil maupun tenaga ahli. Dengan digelarnya event ini, Anas berharap dapat membantu pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang diharapkan.

Seperti diketahui, sejak digelar 2013 lalu, Job Market Fair di Banyuwangi ini sudah mampu menyerap ribuan tenaga kerja baru. Dari data yang masuk, dari tahun 2013 hingga 2016, ada 3.400 tenaga kerja yang terserap.

Anas melanjutkan, selain menggelar Job Market Fair, pemerintah daerah juga terus mendorong tumbuhnya wirausaha muda baru. Anas pun menilai, peran guru SMA maupun SMK sangat penting untuk mendorong para lulusannya untuk mau membuka usaha secara mandiri.

“Jumlah lulusan SMA dan SMK tiap tahunnya mencapai 30 ribu orang. Lebih banyak dari jumlah lapangan kerja yang tersedia. Karena itu berwirausaha menjadi salah satu jalan bagi para lulusan tersebut dan hal ini harus didorong sejak dini oleh para guru di sekolah,” ujar Bupati Anas.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Alam Sudrajat, pada Job Market Fair kali ini perusahaan yang membuka lowongan sebanyak 54 perusahaan, terdiri dari berbagai bidang. Mulai bidang otomotif, perhotelan, pertambangan, perbankan, rumah sakit, retail, hingga leasing.

“Posisi pekerjaan yang dibuka pun beragam, mulai level manajemen hingga operator dan teknisi,” jelas Alam.

Sejumlah perusahaan yang berbasis di Banyuwangi juga membuka lowongan kerja. Salah satunya hotel berbintang empat yang baru berdiri di Banyuwangi. Juga ada PT Bumi Suksesindo, operator tambang Bukit Tumpang Pitu di Kecamatan Pesanggaran yang membuka 70 lowongan kerja untuk lulusan SMK dan D3.

“Selama ini perusahaan kami memang mengutamakan tenaga kerja lokal, baik untuk tenaga ahli maupun operator. Ini adalah kebijakan perusahaan yang sejak awal kami terapkan di Banyuwangi. Baru jika belum ditemukan, kami mencarinya di tingkat regional dan nasional,” kata Adrian Sartikon, HRD Manajer BSI. (HENDRO SUCIPTO/AZT)

Editor: Aziz Tri P