Atasi Serbuan Produk Tiongkok, Perusahaan Emas Lokal Bidik Pasar Menengah

Mohammad Ilyas, Staf HRD PT Eka Silver and Gold Jewelry Surabaya (kiri), tampak menunggu sejumlah pencari kerja yang mendaftar sebagai tenaga kerja, di Job Fair Tahun 2018, di Balai Kota Kediri, yang digelar 5-6 September 2018. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS : Persaingan bisnis emas perhiasan di Jawa Timur tampak semakin ketat, khususnya di tengah serbuan produk emas perhiasan asal Tiongkok.

Kondisi ini dibenarkan oleh Mohammad Ilyas, Staf HRD PT Eka Silver and Gold Jewelry,  sebagai salah satu produsen emas perhiasan asal Surabaya, Jawa Timur, saat mengikuti Job Fair 2018, di Balai Kota Kediri.

Menurut Ilyas, semenjak dua tahun terakhir, penjualan emas perhiasan semakin lesu. Lantaran dipicu banyak produk emas perhiasan dari luar negeri yang menyerbu pasar Jawa Timur.

“Meski demikian, kami mencoba untuk tetap bertahan dan berusaha membuat inovasi baru,” kata Staf HRD PT Eka Silver and Gold Jewelry Surabaya, Mohammad Ilyas, di Kediri, Kamis (6/9/2018).

Untuk mengatasi serbuan produk asing ini, maka pihaknya berupaya membidik pasar menengah. Hal ini karena di level masyarakat menengah, cenderung tidak mudah terpengaruh dengan gejolak pasar.

Di samping itu, perusahaan penghasil emas perhiasan ini, juga selalu memproduksi barang yang digemari oleh konsumen. Bahkan juga dijual dengan harga terjangkau.

“Harga emas perhiasan kami saat ini Rp 100.000 per biji. Bahkan ada cincin pernikahan yang dijual seharga Rp 30.000,” katanya.

Mengenai tren emas perhiasan tahun ini, dia mengatakan, pada umumnya mempunyai desain yang sederhana. Namun tetap elegan saat dipakai oleh setiap penggunanya.

Ke depan, dalam pengembangan bisnis emas perhiasan ini pihaknya siap membuka gerai baru di berbagai daerah hingga luar Pulau Jawa. Khususnya dengan mengoperasikan gerai tersebut di sejumlah pusat bisnis atau mal yang potensial.

“Kalau di Kota Kediri, rencananya kami akan buka di Kediri Town Square. Dulu memang pernah buka, tapi karena sesuatu hal, akhirnya tutup dan dalam waktu dekat bakal beroperasi lagi,” katanya.

Terkait keikutsertaan di Job Fair 2018 di Kota Kediri, PT Eka Silver and Gold Jewelry Surabaya, membutuhkan banyak tenaga pramuniaga. Untuk syarat melamar pekerjaan ini, diharapkan mereka berasal dari calon pencari kerja, dengan pendidikan minimal lulusan SMA. Selain itu, memiliki sifat yang jujur, percaya diri, dan mandiri.

Bagi mereka yang lulus seleksi, maka akan ditempatkan di Surabaya dan sekitarnya. Di samping itu akan memperoleh penghasilan tertentu serta disediakan asrama. (AYU CITRA SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas