Ribuan Masyarakat Kediri Memecahkan Rekor MURI Tari Gemu Famire

Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar (kaos hitam, tengah) antusias mengikuti pemecahan rekor MURI Tarian Gemu Famire bersama masyarakat, di kawasan wisata Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, Selasa (4/9/2018). FOTO : SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Jajaran Forkopimda Kota dan Kabupaten Kediri bersama ribyan masyarakat setempat tampak antusias saat memecahkan rekor MURI untuk Tarian Gemu Famire asal Maumere, di kawasan wisata Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri, Selasa (4/9/2018).

Pada kesempatan ini, Kediri menjadi salah satu kota di Indonesia yang turut berpartisipasi dalam pemecahan rekor nasional Tarian Gemu Fa Mi Re. Hal ini sekaligus dalam rangkaian memeriahkan HUT TNI ke-73.

Pemecahan rekor MURI di Kediri ini, melibatkan 4.000 peserta. Mereka dari berbagai kalangan TNI, Polri, ASN, Persit, Bhayangkari, pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum.

Bahkan terlihat pula peserta dari Kodim 0809/Kediri, Kodim 0811/Tuban, Kodim 0812/Lamongan, Kodim 0813/Bojonegoro, Kodim 0814/Jombang, Kodim dan 0815/Mojokerto.

Menurut Danrem 082/CPYJ, Kolonel Arm Budi Suwanto, Tarian Gemu Fa Mi Re ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia yang melibatkan 300.000 peserta.

“Jadi ini dilakukan di seluruh Indonesia, dan di Jawa Timur melibatkan 23.000 peserta yang tersebar di Malang, Surabaya, Kediri dan Madiun,” kata Danrem 082/CPYJ, Kolonel Arm Budi Suwanto, di kawasan SLG Kabupaten Kediri, Selasa (4/9/2018).

Dia menjelaskan, pemecahan rekor MURI Tarian Gemu Fa Mi Re ini petunjuk dari pusat untuk memeriahkan HUT TNI ke-73. Di samping itu, guna membangun kebersamaan di lingkungan masyarakat.

“Ini salah satu media TNI dan masyarakat bisa bersama-sama dalam Tarian Gemu Fa Mi Re ini,” katanya.

Saat ditemui usai mengikuti Tarian Gemu Fa Mi re, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, mengapresiasi, pemecahan rekor MURI Tarian Gemu Fa Mi Re. Melalui kegiatan ini, diyakini TNI semakin dekat dengan masyarakat.

“Jadi dengan semakin dekatnya TNI dengan masyarakat akan semakin menumbuhkan kekompakan dalam membangun Negara Indonesia,” katanya.

Setelah melakukan tarian Gemu Fa Mi Re Danrem 082/CPYJ, Kolonel Arm Budi Suwanto, Dandim 0809 Kediri, Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, Bupati Kediri, Haryanti Sutrisno dan jajaran Forkopimda Kota Kediri dan Kabupaten Kediri bersama peserta juga makan bersama di kawasan SLG Kabupaten Kediri. (AYU CITRA SR/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono