Pelindo III Pacu Peningkatan Standar Layanan Bongkar Muat

Aktivitas bongkar muat di Pelindo III akan terus ditingkatan, sehingga service level agreement (SLA) dengan setiap pengguna jasa juga akan diperbaiki. FOTO : SUREPLUS/AKBAR INSANI

SURABAYA-SUREPLUS : Meningkatnya arus logistik nasional membuat PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III sebagai BUMN operator terminal terus melakukan evaluasi dan inovasi layanan. Khususnya di bidang jasa utama seperti bongkar muat dari kapal ke dermaga (stevedoring) dan pemindahan barang dari dermaga ke lapangan penumpukan atau gudang (cargodoring).

“Standar layanan stevedoring dan cargodoring akan ditingkatan sehingga service level agreement (SLA) dengan setiap pengguna jasa juga akan diperbaiki. Saat ini sedang proses pembahasan dengan pihak-pihak terkait, terutama dari sisi komersialnya,” kata VP Corporate Communication Pelindo III R. Suryo Khasabu di Surabaya, Rabu (5/9/2015).

Dijelaskan, evaluasi SLA ini sangat penting karena menjadi jaminan standar pelayanan dan tanggung jawab antara pihak pelabuhan dan pengguna jasa.

SLA ini tentunya juga sejalan dengan service level guarantee (SLG) yang ditetapkan oleh regulator atau pemerintah. Dengan demikian, seluruh terminal Pelindo III akan dapat memberikan pelayanan sesuai standar yang telah ditetapkan.

“Kami targetkan dengan komunikasi yang instens, pada satu bulan ke depan sudah menemukan formula layanan yang tepat, sehingga tidak menganggu jalannya layanan kepelabuhan yang disediakan di Pelindo III,” tegas Suryo.

Sebelumnya, Pelindo III baru saja mencatatkan laba hingga Juli 2018 sebesar Rp 1,8 triliun. Peningkatan laba ini selaras dengan meningkatnya aktifitas bongkar muat, mulai dari segmen peti kemas, barang non-peti kemas, hingga liquified natural gas (LNG) atau gas alam cair. Peningkatan itu juga bersumber dari naiknya total jumlah kunjungan kapal pada pelabuhan-pelabuhan yang dioperatori Pelindo III di tujuh provinsi di Indonesia. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono