Cegah Gangguan Ginjal, RS PHC Luncurkan Kantung Urine Portable

Soft launching P3pot atau kantung urine portable di Surabaya. FOTO : HUMAS PELINDO III

SURABAYA-SUREPLUS : RS PHC Surabaya meluncurkan produk berupa P3pot atau kantung urine portable yang cocok untuk kebutuhan operator crane dan pekerja operasional yang bekerja di ketinggian lainnya, Rabu (5/9/2018).

“Dengan inovasi ini, mereka bisa kerja lebih tenang, lebih efisien, dan lebih aman karena tidak harus naik turun,” kata Dirut PT PHC dr. Agus Akhmadi, pada acara peluncuran di Surabaya.

Dijelaskan, kebutuhan orang dewasa muda saat bekerja selama 8 jam dapat memproduksi urine hingga 600 cc. Sedangkan pekerja berumur 30 tahun atau lebih dengan waktu bekerja yang sama, cenderung sudah tidak bisa menahan kencing.

“Karenanya pada setiap kemasan P3pot sudah disiapkan serbuk super absorbent polymer atau sap yang akan menggumpal ketika bereaksi dengan 600 cc cairan urine,” tambah dr. Agus. Dengan menyediakan P3pot saat bekerja, lanjutnya, crane operator dapat terhindar dari risiko pembengkakan ginjal, infeksi saluran kemih, dan problem batu ginjal.

“Selain itu juga akan dilengkapi dengan tisu basah agar lebih higienis dan untuk mengakomodir tata cara bersih diri sesuai kepercayaan,” lanjut dia, seperti ditulis dalam siaran pers RS PHC, lini usaha Pelindo III di bidang medis.

P3pot akan mulai diproduksi untuk melayani kebutuhan para operator crane di terminal-terminal di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. “Setidaknya ada kebutuhan hingga 54 ribu kantung per tahun di pelabuhan ini. Harga jualnya hanya Rp 11.500 per kemasan, yang bisa digunakan 2-3 kali. Sangat murah untuk mendukung kebutuhan pekerja agar lebih produktif, ” ujarnya. (PRS/AKBAR INSANI)

Editor : Hendro D. Laksono