Stabilkan Harga, TPID Kota Kediri OP Beras Medium

harga beras medium
Kepala Perum Bulog Sub Divisi Regional V Kediri, Defrizal (kiri), bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) setempat, memberangkatkan satu unit mobil berisi bahan pokok, sebagai upaya menggelar Operasi Pasar Beras Medium di wilayah kerjanya. FOTO : SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri melalui Perum Bulog Sub Divisi Regional V Kediri melaksanakan koordinasi sekaligus launching kegiatan penetrasi pasar beras. Upaya ini digelar, guna menjaga ketersediaan pasokan dan stabilitas harga beras medium.

Menurut Anggota TPID Kota Kediri sekaligus Kepala Perum Bulog Sub Divisi Regional V Kediri, Defrizal, kegiatan ini untuk mengantisipasi terjadinya gejolak kenaikan harga beras yang secara nasional mulai naik.

“Agenda ini dilakukan khusus untuk wilayah Kota Kediri, Kabupaten Kediri, dan Kabupaten Nganjuk. Nantinya akan disebarkan di pasar, toko atau kios, Rumah Pangan Kita (RPK) serta melalui satgas yang ada di tim Bulog Sub Divre V Kediri,” kata Kepala Perum Bulog Sub Divre V Kediri Defrizal, di Kota Kediri, Selasa (4/9/2018).

Dia meyakini, dengan langkah tersebut maka harga beras di pasaran semakin stabil, terutama beras jenis medium. Di samping itu, juga untuk menjamin keamanan pasokan bahan pokok tersebut di pasar Kediri hingga Nganjuk.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri Yetty Sisworini mengatakan, launching ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Mudah-mudahan pelaksanaan ini bisa berjalan lancar dan semua bahan pokok harganya bisa terkendali,” katanya.

Di lokasi ini, lanjut dia, Perum Bulog setempat mengeluarkan tiga mobil pick up yang masing-masing membawa sejumlah bahan pokok. Rinciannya, sebanyak 2 ton beras, 50 kilogram gula pasir, 24 liter minyak goreng, dan 20 kilogram tepung terigu, untuk disebarkan ke pasar tradisional.

“Sejumlah pasar ini antara lain Pasar Bandar, Pasar Pahing, dan Pasar Setono Bethek. Adapun harga yang ditawarkan sangat terjangkau,” katanya.

Beragam harga bahan pangan ini, di antaranya beras medium kemasan 5 kilogram seharga Rp 43.500, dan minyak goreng premium merek ‘Minyak Kita’ seharga Rp 12 ribu per kemasan. Lalu, tepung premium merek ‘Tepung Kita’ seharga Rp 7.500 per kilogram, dan gula premium merek ‘Gula Kita’ seharga Rp 11.500 per kilogram.

Turut hadir di lokasi, Kepala BPS Kota Kediri, Ellyn T Brahman, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri, Semeru Singgih, Kepala Bagian Perekonomian Bambang Priambodo, Dandim 0809, perwakilan dari Bank Indonesia serta Satgas Pangan Kota Kediri. (AYU CITRA SR/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono