Stadion Megah Menanti Asian Games 2022

China melakukan persiapan Asian Games 2022 dengan membangun Stadion Hangzhou Olympic Sports Centre. FOTO: GETTY IMAGES

CHINA-SUREPLUS: Melalui closing ceremony yang meriah, gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang telah resmi usai. Berikutnya, ajang empat tahunan ini akan singgah ke China. Ya, Negeri Tirai Bambu ini akan akan menjadi tuan rumah AG 2022.

Berbeda dengan di Indonesia, AG di negara yang menjadi juara umum pada AG 2018 dengan torehan 132 medali emas ini hanya digelar di satu kota, yakni Kota Hangzhou. Nah meski masih memiliki waktu relatif lama, saat ini pembangunan infrastruktur mulai dilakukan, salah satunya dibangunnya Stadion Hangzhou Olympic Sports Centre.

Dikutip dari Liyucsf, Dana 2,59 miliar renminbi atau setara Rp5,5 triliun telah dikucurkan. Dana sebesar itu hanya digunakan untuk membangun Stadion Hangzhou Olympic Sports Centre.

Letak stadion itu sendiri berada di selatan Jembatan Qianjiang, Hangzhou. Tak main-main, stadion tersebut bakal sangat megah karena rencananya bisa menampung hingga 80 ribu penonton.

Tak hanya berkapasitas sangat besar, tapi standar arsitektur bangunan Stadion Hanzhou Oympic Sports Centre juga berkelas dunia. Lebih mencengangkan lagi, bangunan itu diklaim bisa berdiri selama 100 tahun.

Kemewahan stadion tersebut tampak pada kanopi serta dinding luar stadion eksotis. Betapa tidak, kanopi Stadion Hangzhou Olympic Sports Centre ini terbuat dari struktur baja. Sementara dindingnya terlihat seperti kelopak bunga yang melingkar.

Selain Stadion Hangzhou Olympic Sports, kompleks olahraga untuk Asian Games 2022 itu juga akan dibangun Pusat Perlindungan Warisan Budaya, Museum Sigillography, Pusat Kebudayaan Hangzhou, serta venue-venue lain seperti baseball, softball, atletik dan beberapa fasilitas lainnya.(ZAL)

Editor; Fahrizal Arnas