Pemerintah Garansi Peraih Medali Asian Games 2018 Jadi PNS

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Syafruddin (tengah) berbincang dengan sejumlah Atlet Peraih Medali Asian Games 2018 di Istana Negara, Minggu (2/9/2018). FOTO: Humas Menpan RB

JAKARTA-SUREPLUS: Peraih medali di Asian Games 2018 tampaknya tak perlu cemas akan kelanjutan masa depannya bila pensiun dari atlet. Pasalnya, mereka mendapat jaminan menjadi PNS.

Hal itu diungkapkan oleh Chef de Mission (CdM) Asian Games 2018 sekaligus Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin menyatakan, bahwa realisasi bonus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) bagi peraih medali di Asian Games, baik peraih emas, perak maupun perunggu di Asian Games 2018 segera diwujudkan.

Syafruddin menggaransi mereka akan menjadi PNS kendati tak melalui tes.
Hak istimewa ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap para atlet yang sudah berjuang di Asian Games.

Saat ini pemerintah memang sedang dibalut kebahagiaan. Pasalnya, AG 2018 tak hanya meraih sukses penyelenggaraan, tapi juga prestasi. Seperti diketahui, kontingen Indonesia yang sebelumnya hanya ditarget 16 medali emas justru meraih 31 medali emas. Capaian ini merupakan yang terbaik sepanjang keikutsertaan Indonesia di AG.

Pada Asian Games 2018, Indonesia finis di posisi keempat. Kontingen Indonesia mendulang 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Total Indonesia mengemas 98 medali.

Syafrudin sendiri mengaku terkejut, bahagia sekaligus bangga saat mengetahui perolehan medali Indonesia dan posisi di klasemen perolehan medali. Ia mengaku tak menyangka karena kontingen Indonesia bisa jauh melampaui target.(ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas