Menkeu Beberkan Penggunaan Dana APBN untuk Asian Games 2018

Presiden Jokowi berfoto bersama Peraih Medali Asian Games 2018, di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9). FOTO; SETKAB

JAKARTA-SUREPLUS: Dari laman resmi Facebook Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bisa diketahui, bahwa penyelenggaraan event Asian Games dibiayai oleh APBN 2015-2018 sebesar Rp 8,2 triliun yang dikelola Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora).

Dana tersebut digunakan INASGOC untuk seluruh persiapan, pembukaan, hingga penutupan Asian Games. Sedangkan untuk penyiapan/pembinaan atlet dalam periode 2015-2018, pemerintah telah mengucurkan dana sebesar Rp2,1 triliun, ini sudah termasuk bonus bagi atlet, pelatih dan ofsial. Besarnya dana pembinaan itu karena dilakukan dalam durasi waktu yang panjang, baik untuk latihan di dalam maupun luar negeri.

Sementara itu, investasi sektor konstruksi sekitar Rp 13,7 triliun. Biaya itu dikucurkan untuk menata kota Jakarta dan Palembang sebagai lokasi penyelenggaraan Asian Games. Pembiayaan dari APBN untuk sektor ini juga telah disiapkan sejak 2015 hingga 2018.

Sebagai informasi, semua fasilitas di kawasan olah raga, baik Senayan-Jakarta dan di kawasan Jakabaring-Palembang, infrastruktur jalan yang telah dibangun dan dimanfaatkan untuk Asian Games, serta LRT dapat dimanfaatkan masyarakat setelah Asian Games. Termasuk apabila ada kegiatan olah raga tingkat internasional di kemudian hari.

Sri Mulyani juga mengatakan, bahwa pengeluaran dan penerimaan dana dari sponsorship dikelola secara profesional, akuntabel, bertanggungjawab. “Akuntabilitas adalah hal penting yang senantiasa dijaga dalam setiap kegiatan menggunakan dana APBN – uang dari pajak yang Anda semua bayarkan!,” tegas Menkeu Sri Mulyani.

Menkeu juga menyatakan, uang rakyat di APBN dikelola secara hati-hati dan bertanggung jawab, tidak boleh tercederai dan harus dikembalikan untuk kepentingan masyarakat.
na

Terlepas dari akuntabilitas dalam penggunaan APBN yang dilakukan Kementrian Keuangan, Menkeu juga ungkapkan rasa terima kasihya kepada seluruh tim Indonesia, masyarakat Indonesia serta berbagai pihak yang telah turut mensukseskan perhelatan akbar olah raga se-Asia ini.(PRS/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas