Mencetak Rupiah dari Bisnis Ayam Geprek Sambal Bawang

Pemilik usaha Ayam Geprek Yoiki, Elvi (kanan), sedang melayani sejumlah pembeli dan memperlihatkan secara langsung cara mengolah menu andalannya, yang berlokasi di Kelurahan Mrican, Kota Kediri. FOTO : SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Banyaknya jumlah pendatang di Kota Kediri memberi dampak tersendiri bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat. Salah satunya, mereka yang membuka usaha tempat kos, rumah kontrakan, dan bisnis kuliner.

Menurut Elvi, pemilik bisnis Ayam Geprek Yoiki, di Kelurahan Mrican, Kota Kediri, keberadaan perguruan tinggi di kota ini merupakan angin segar bagi kenaikan omzet bisnisnya. Apalagi sejak dibukanya kampus baru, Universitas Negeri Brawijaya Malang di dekat gerainya, di Kelurahan Mrican, Kota Kediri.

“Dari sekian banyak konsumen, kalangan mahasiswa merupakan pembeli paling dominan. Mereka umumnya datang ke gerai pada jam istirahat kuliah atau selepas pulang kuliah,” kata Elvi, pemilik usaha Ayam Geprek dengan brand Yoiki, di Kelurahan Mrican, Kota Kediri (3/9/2018).

Dengan banyaknya jumlah konsumen yang datang, ungkap Elvi, saat ramai pembeli maka dalam satu hari bisa memasak hingga 15 kilogram ayam potong. Sementara, saat sepi konsumen, biasanya dia hanya mengolah 5 kilogram ayam potong.

“Selain mahasiswa, juga banyak masyarakat umum yang datang membeli. Kadang ada juga yang datang untuk memesan buat acara khusus,” katanya.

Elvi melanjutkan, terkait keunggulan produk yang dirintis pada Desember 2017, hal ini terletak pada harga jual ayam geprek yang sangat terjangkau. Misalnya untuk satu porsi ayam geprek kemasan mangkuk, dilepas seharga Rp 10 ribu per porsi. Dengan harga ini, konsumen bisa menikmati nasi putih hangat, potongan ayam geprek, irisan timun, dan sambal bawang ekstra pedas.

Sementara, alasan Elvi membuka gerai ayam geprek ini, karena prospek bisnisnya sangat menjanjikan. Apalagi di Kota Kediri banyak masyarakat yang konsumtif dan gemar makan olahan ayam.

“Bisnis ayam geprek itu everlasting, sampai kapanpun ada saja penggemarnya. Rencananya, saya mau buka satu gerai lagi di Jalan Erlangga, guna membidik masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri,” katanya. (AYU CITRA SR/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono