Banyuwangi Siapkan Hotel dan Liburan Gratis untuk Peraih Medali Asian Games

Pemandangan di Hotel Dialoog di Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Hotel ini jadi salah satu fasilitas akomodasi yang disiapkan untuk menyambut atlet peraih medali di Asian Games 2018. FOTO; SUREPLUS/HENDRO SUCIPTO

BANYUWANGI-SUREPLUS: Pemkab Banyuwangi menyediakan liburan gratis bagi peraih medali terutama medali emas Asian Games 2018, untuk liburan ke kabupaten berjuluk Sunrise of Java tersebut.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, pantau langsung kesiapan hotel yang disiapkan untuk penginapan para atlet tersebut, Senin (3/9/2018). Anas mengatakan pihaknya menyiapkan lima hingga enam hotel berbintang yang akan dijadikan tempat berlibur para peraih medali Asian Games.

“Ada lima hingga enam hotel yang kami siapkan. Silahkan nanti para atlet yang pilih sendiri,” kata Anas.

Hotel yang disiapkan memiliki keunggulan tersendiri. Seperti Hotel Dialoog, di Kecamatan Kalipuro, yang merupakan hotel berbintang empat dengan views langsung selat Bali.

Hotel bergaya modern yang memiliki kolam renang berhadapan dengan laut tersebut, baru diresmikan di Banyuwangi.

“Hotel Dialoog ini salah satu yang kami siapkan untuk para atlet. Di sini juga ada fasilitas olahraga (gym) yang bisa digunakan para atlet,” kata Anas saat meninjau Hotel Dialoog.

Ada juga hotel resort bergaya etnik rumah adat Using, Vila Solong, yang juga langsung berhadapan dengan Selat Bali. Hotel ini memiliki views taman kelapa di pinggir laut.

Selain itu, juga hotel yang berada di Kawasan Kawah Gunung Ijen, Ijen Resort dan Jiwa Jawa Resort, dengan views pegunungan Ijen.

“Ada juga hotel bintang empat el Royale Hotel, yang kami peruntukkan untuk liburan gratis para atlet,” kata Anas.

Bupati 45 tahun tersebut mengatakan, liburan gratis ini untuk mengapresiasi jasa para atlet peraih medali Asian Games. Selain itu, juga merupakan ucapan terima kasih karena seninam Banyuwangi dilibatkan dalam pembukaan Asian Games.

“Kami juga mendapat kehormatan diberi tempat untuk menyaksikan penutupan Asian Games,” kata Anas.

Liburan gratis selama empat hari itu bakal diisi dengan menikmati fenomena api biru (blue flame) yang mendunia di Kawah Ijen, G-Land dengan ombak selancar terbaik di dunia, padang rumput Taman Nasional Alas Purwo dengan komunitas banteng yang berarak, melepasliarkan anak penyu, keindahan Pulau Tabuhan, hingga melihat beragam atraksi seni-budaya serta ritual adat. Selain itu, tentu ada kuliner yang enak, termasuk pecel pitik yang kerap disajikan saat acara adat Suku Osing.

“Kami ingin turut memberikan apresiasi bagi para pahlawan Indonesia ini, dengan menjamu mereka di Banyuwangi,” tambah Anas.

Bagi para atlet peraih medali yang ingin berlibur ke Banyuwangi, dipersilakan berkorespondensi melalui email: bwitourism1@gmail.com. (HENDRO SUCIPTO/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas