Melepas Suntuk di Bukit Kapur Sekapuk

Wisata Bukit Kapur Sekapuk di Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik. Ke depan, kawasan wisata ini akan dikembangkan dengan penambahan fasilitas kolam renang, arena outbond, dan gazebo.FOTO: SUREPLUS/ALI ZAINI

GRESIK-SUREPLUS : Wilayah Gresik bagian utara identik dengan bukit kapur. Dari sekian deretan bukit kapur itu, daerah Desa Sekapuk, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik memiliki panorama bukit kapur yang kini dijadikan potensi wisata.

Desa Sekapuk, sejak dulu dikenal sebagai penghasil kapur, dan batu dolomit untuk bahan campuran pupuk. Kini, desa tersebut mengembangkan potensinya melalui wisata alam.

Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim mengatakan, sebelum potensi alamnya dikembangkan, bukit kapur berada tidak jauh dari balai desa merupakan tempat pembuangan sampah. Namun, saat ini kawasan tersebut disulap menjadi wisata alam dengan panorama bukit kapur indah.

Saking apiknya, kawasan ini kerap jadi jujugan mereka yang ingin selfie atau bahkan foto pre wedding.

“Nantinya tempat wisata yang kami kembangkan itu akan dibangun gazebo, atau tempat kuliner nusantara. Pengunjung yang datang selain menikmati kuliner sekalian juga bisa melihat keindahan bukit kapur yang alami dan sangat cocok buat wisata keluarga,” kata Abdul Halim, Sabtu (01/09/2018).

Ia menambahkan, terkait rencana pengembangan wisata alam tersebut, pihaknya juga akan membangun sarana penunjang wisata anak untuk sarana edukasi. Seperti sarana outbond, kolam renang anak-anak, dan sarana wisata lainnya.

“Semua yang kami kembangkan itu harapannya bisa mengangkat ekonomi desa. Karena itu, kami mengajak warga Desa Sekapuk tidak bosan-bosannya memperindah desanya, dan mengajak warga supaya mengembangkan potensi wisata yang dimiliki,” paparnya.

Di temui di tempat ini, Uswatun Khasanah (33), pengunjung Bukit Kapur Sekapuk mengatakan, ia sengaja datang karena penasaran dengan foto-foto di medsos. Katanya, foto-foto itu tidak kalah dengan Bukit Jeddih di Bangkalan, Madura.

“Rasa penasaran itu terbayar setelah datang dan melihat langsung bersama keluarga,” katanya. Tapi, kata Uswatun, ia berharap agar sarana pendukung tempat wisata ini bisa segera dikembangkan.

“Supaya wisatawan yang datang tidak hanya lokalan saja. Melainkan juga wisatawan nasional,” harapnya.

Wisata Bukit Kapur Sekapuk sangat mudah dijangkau. Selain akses jalannya yang mulus dan mudah, lokasi wisata tersebut juga tidak jauh dari jalan desa. Sehingga, memudahkan wisatawan yang ingin menikmati panorama alam bukit kapur. (ALI ZAINI/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono