Kereta Rute Cilacap – Banyuwangi Resmi Diluncurkan

Kereta Wijaya Kusuma jurusan Banyuwangi – Cilacap resmi diluncurkan. Sebelumnya, rute ini hanya dilayani KA Sritanjung kelas ekonomi. FOTO : SUREPLUS/HENDRO SUCIPTO

BANYUWANGI-SUREPLUS : PT Kereta Api Indonesia (KAI) meresmikan rute baru Kereta Wijaya Kusuma jurusan Banyuwangi – Cilacap (pp), yang melintasi Kota Yogyakarta, di Stasiun Banyuwangi Baru, Sabtu (1/9/2018).

Corporate Deputy Director of Passenger Transport Marketing and Sales PT KAI Mukti Jauhari, mengatakan, dibukanya jalur baru ini merupakan respon atas keinginan pasar.

Dijelaskan, banyak penumpang dari wilayah Jawa Tengah yang ingin bepergian ke Banyuwangi. Selama ini, penumpang KA dari Cilacap maupun Yogyakarta yang ingin ke Banyuwangi secara langsung hanya dilayani KA Sritanjung kelas ekonomi.

KA Wijaya Kusuma tujuan Banyuwangi – Cilacap ini terdiri dari rangkaian empat kereta eksekutif berkapasitas 200 tempat duduk dan tiga kereta premium berkapasitas 192 tempat duduk.

Setiap harinya, kereta ini dijadwalkan berangkat dari Stasiun Banyuwangi pukul 11.05 WIB dan tiba di Cilacap pukul 04.42 WIB keesokan harinya. Sebaliknya, kereta yang dari Cilacap berangkat pukul 14.10 WIB dan tiba di Banyuwangi pukul 07.02 WIB.

“Ini sebagai respon atas permintaan Kadaops IX Jember yang juga membawahi Banyuwangi untuk mengakomodir tingginya antusiasme pengguna jasa KA yang ingin ke Banyuwangi. Setelah kami survey, akhirnya kami putuskan untuk membuka rute langsung menuju Banyuwangi. Dan kami lakukan perpanjangan relasi KA Wijaya Kusuma untuk mengakomodir pasar tersebut,” jelasnya.

KA Wijaya Kusuma awalnya hanya melayani rute Cilacap – Yogyakarta – Solo, pulang pergi (pp). “Mulai hari ini, rute Wijaya Kusuma akan diperpanjang hingga Banyuwangi, melintasi sejumlah kota seperti Yogyakarta, Solo, Madiun, Surabaya, Jember,” kata Mukti.

Mukti berharap, rute baru ini bisa mempermudah akses wisatawan ke Banyuwangi dan bisa berdampak pada peningkatan kunjungan wisatawan di daerah ini. Mengingat Banyuwangi kini sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

“Dengan perpanjangan relasi ini semoga kunjungan wisatawan ke Banyuwangi semakin meningkat. Dengan relasi baru ini bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Banyuwangi, utamanya lewat sektor pariwisata “ tambah Mukti. (HENDRO SUCIPTO/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono